logo Kompas.id
Politik & HukumPenyediaan Mal Pelayanan...
Iklan

Penyediaan Mal Pelayanan Publik di Daerah Jadi Tantangan

Penyelenggaraan mal pelayanan publik di Indonesia hingga Juni 2022 baru terealisasi sekitar 11 persen dari seluruh kabupaten/kota. Targetnya, tahun 2024 seluruh kabupaten/kota sudah membentuk mal pelayanan publik.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
· 5 menit baca
Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan arahan pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Percepatan Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Jakarta, Selasa (28/6/2022).
KOMPAS/CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan arahan pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Percepatan Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

JAKARTA, KOMPAS — Keberhasilan penyelenggaraan mal pelayanan publik di kabupaten/kota dapat menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan reformasi birokrasi nasional. Komitmen kepala daerah dan dukungan kementerian serta lembaga dibutuhkan untuk mencapai target terbentuknya mal pelayanan publik di seluruh kabupaten/kota pada tahun 2024.

Berdasarkan data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, jumlah mal pelayanan publik (MPP) yang beroperasi hingga Juni 2022 sebanyak 59 MPP. Apabila dilihat sebarannya, berdasarkan provinsi, masih terdapat 11 provinsi yang belum memiliki MPP. Jika dilihat berdasarkan sebarannya di kabupaten/kota, masih terdapat 449 kabupaten/kota yang belum memiliki MPP.

Editor:
SUHARTONO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000