logo Kompas.id
MetropolitanKNKT Temukan Sopir Kelelahan...
Iklan

KNKT Temukan Sopir Kelelahan hingga Perlunya Manajemen Sumber Daya

Hasil investigasi awal, KNKT mendapati sejumlah temuan yang akan menjadi rekomendasi perbaikan aspek keselamatan. Pengamat menilai PT Transjakarta lebih memaksimalkan peran sebagai pengawas daripada sebagai operator.

Oleh
Helena F Nababan
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/b_OIZbVVQcJWMjCC_xQoi_x5eOY=/1024x768/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F12%2Fe8392744-f748-46e0-847a-b74e30942d87_jpg.jpg
KOMPAS/STEFANUS ATO

Bus Transjakarta mengantre untuk memulai operasional pengangkutan penumpang di Halte Transjakarta Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (6/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Komite Nasional Keselamatan Transportasi menemukan sejumlah fakta dari investigasi awal terhadap Transjakarta. Fakta terkait kecelakaan beruntun yang melibatkan bus-bus Transjakarta itu berkaitan dengan faktor kelelahan pengemudi, jam kerja, koridor, pergantian penugasan, dan pengelolaan sumber daya pengemudi.

Investigasi masih terus berlangsung untuk mendapatkan fakta menyeluruh terkait angkutan umum massal berbasis bus milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Nantinya, KNKT menargetkan ada rekomendasi detail perbaikan manajemen keselamatan Transjakarta.

Editor:
Neli Triana
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000