logo Kompas.id
OlahragaDari Aplikasi Bantu ”Sparring”, Tercipta Liga Amatir Terbesar

Dari Aplikasi Bantu ”Sparring”, Tercipta Liga Amatir Terbesar

Perusahaan rintisan mulai merambah di dunia sepak bola Tanah Air. AYO Indonesia menjadi wadah bagi tim dan pemain amatir untuk berlaga di lapangan hijau secara rutin.

Oleh MUHAMMAD IKHSAN MAHAR
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Hendra A Setyawan

Para pendukung sebuah klub sepak bola Liga 1 menyaksikan dari pinggir lapangan pertandingan fourfeo (empat tim saling bertemu) di lapangan Cicangkal, Rumpin, Bogor, Minggu (4/4/2021). Kegiatan itu bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan hiburan setelah lebih dari satu tahun mereka tidak datang ke stadion mendukung tim kebanggaannya karena ketiadaan kompetisi sepak bola dampak pandemi Covid-19.

Bukan rahasia lagi kalau ekosistem sepak bola amatir di Indonesia masih belum terorganisasi dengan baik. Para penyuka sepak bola mengalami sejumlah kendala ketika ingin berlaga di lapangan hijau. Mulai dari kesulitan mencari lawan tanding, ketiadaan lapangan yang berkualitas, hingga minimnya kompetisi yang terkelola secara profesional.

Dengan segala keresahan itu, hadirlah AYO Indonesia, sebuah perusahaan rintisan, yang diawali dengan menyediakan jasa pencarian lawan latih tanding atau sparring untuk tim amatir di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Dimulai pada 2016, AYO Indonesia menghimpun data tim-tim amatir, kemudian membantu mereka melakukan latih tanding, terutama lawan tanding yang berbeda wilayah.

Editor: Wisnu Aji Dewabrata
Bagikan
Memuat data..