logo Kompas.id
MetropolitanHalte Ikonik, Kepentingan...
Iklan

Halte Ikonik, Kepentingan Pengguna Bus Versus Cari Untung

Halte-halte ikonik dua lantai milik Transjakarta mulai rampung direvitalisasi dan beroperasi. Ada alokasi khusus untuk area komersial. Pengamat menilai pengaturan itu akan kurang menguntungkan.

Oleh
Mis Fransiska Dewi
· 5 menit baca
Salah satu petugas saat menikmati pemandangan patung Selamat Datang di anjungan lantai dua Halte Tosari, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2022).
MIS FRANSISKA DEWI

Salah satu petugas saat menikmati pemandangan patung Selamat Datang di anjungan lantai dua Halte Tosari, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2022).

JAKARTA, KOMPAS — Halte Transjakarta Tosari dan Halte Matraman Baru baru saja selesai direvitalisasi. Keduanya bagian dari proyek halte-halte ikonik yang kini tengah digeber pembangunannya. Sejumlah warga berharap halte tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas pengguna bus Transjakarta. Bagi pihak Transjakarta, halte ikonik tak sekadar melayani pengguna, tetapi juga area komersial sumber keuntungan baru.

Selasa (27/12/2022) pukul 09.00-10.00, pengguna Transjakarta sudah tidak lagi naik, turun, ataupun transit di Halte Tosari yang lama. Berjarak 20 meter dari halte lama, Halte Tosari baru sudah mulai beroperasi. Halte ikonik tersebut tampak lebih panjang dan lebih besar daripada halte sebelumnya meskipun lebarnya tetap 3 meter. Gate atau pintu di halte itu pun jauh lebih banyak.

Editor:
NELI TRIANA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000