logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiNavigator Berperan Jembatani...
Iklan

Navigator Berperan Jembatani Penyelenggaraan Layanan JKN

Navigator berperan penting untuk menjembatani kesenjangan antara penyelenggara program dan peserta JKN-KIS. Peningkatan kapasitas navigator dibutuhkan agar mereka bisa mendampingi peserta dengan baik.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/oC9awEv2zrZa4a1ckPblF8yN94Q=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F08%2F54684f49-b6c5-47c7-b138-482e2e2a78c5_jpg.jpg
Kompas/Ferganata Indra Riatmoko

Petugas mengarahkan warga lansia peserta BPJS Kesehatan yang mendaftarkan diri untuk mendapat pelayanan di RSUD Kota Yogyakarta, Umbulharjo, DIY, Senin (24/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat masih menghadapi berbagai kendala ketika mengakses pelayanan kesehatan. Informasi yang tersedia juga masih terbatas. Karena itu, peran navigator menjadi penting untuk menjembatani kesenjangan antara penyelenggara program dan peserta pengguna manfaat.

Praktisi Kebijakan Publik dari Synergy Policies, Dinna Prapto Raharja, dalam webinar laporan hasil penelitian ”Mengapa Dibutuhkan Navigator untuk Mengakses Manfaat JKN” di Jakarta, Rabu (9/6/2021), menyampaikan, pemerintah dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah berinisiatif menyediakan sistem pelayan dan pengaduan keluhan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Namun, masyarakat masih kesulitan untuk mengakses layanan tersebut.

Editor:
Adhitya Ramadhan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000