logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiLebih Mudah Menjangkau Layanan...
Iklan

Lebih Mudah Menjangkau Layanan Kesehatan

Di tengah pandemi Covid-19, berbagai inovasi layanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat diluncurkan. Kini peserta program itu bisa mengakses layanan kesehatan secara daring.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/NIziZqxyZL0Pm5VadnyaeLhd7xo=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F08%2Ffae76685-5a48-4ac4-b8e5-66ff23ed2bcf_jpg.jpg
Kompas/Ferganata Indra Riatmoko

Warga mendaftarkan diri untuk mendapat layanan medis dengan BPJS Kesehatan di RSUD Kota Yogyakarta, Umbulharjo, Yogyakarta, Senin (24/8/2020). Mulai Juli 2020, pengguna layanan BPJS Kesehatan di rumah sakit itu berangsur naik 20 persen dibanding saat awal pandemi Covid-19 mulai merebak.

Layanan kesehatan esensial dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat harus tetap berjalan sekalipun pandemi Covid-19 sedang berlangsung. Keperluan untuk berkonsultasi, melakukan kontrol rutin, sampai keperluan administrasi kesehatan tidak bisa dihentikan.

Namun, situasi pandemi membuat sejumlah layanan terganggu. Peserta program tersebut pun khawatir tertular penyakit itu saat bertemu banyak orang dalam perjalanan maupun saat berada di fasilitas kesehatan. Karena itu, inovasi dibutuhan agar layanan diberikan tanpa berisiko tertular Covid-19.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000