logo Kompas.id
KesehatanMewujudkan Transformasi...
Iklan

Mewujudkan Transformasi Layanan Jaminan Kesehatan Nasional

Layanan kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat terus bertransformasi. Pandemi Covid-19 menjadi momentum untuk mewujudkan hak setiap warga negara untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/uddei2kqOchlmZw2vpR88sm72rQ=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2F20191113_ENGLISH-JKN_B_web_1573659024.jpg
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Aplikasi BPJS Kesehatan melalui telepon pintar memudahkan warga untuk mengurus jaminan kesehatan, seperti terlihat di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019).

Pandemi Covid-19 kian menunjukkan bahwa kesehatan menjadi hak dasar yang amat dibutuhkan oleh setiap orang. Akses pada layanan kesehatan bukan menjadi kemewahan bagi sekelompok orang, melainkan itu adalah hak yang harus didapatkan oleh seluruh warga negara.

Undang-Undang Dasar 1945 sudah mengamanatkan, kesehatan dan pelayanan kesehatan adalah hak bagi setiap warga negara yang wajib dipenuhi oleh negara. Melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), pemerintah pun berkomitmen untuk mewujudkannya. Targetnya adalah tercapainya cakupan kesehatan semesta atau universal health coverage pada 2019.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000