logo Kompas.id
โ€บ
Humanioraโ€บMenyandingkan Asa dan Ikhtiar ...
Iklan

Menyandingkan Asa dan Ikhtiar demi Mengakhiri Pandemi

Saat pandemi Covid-19 memuncak, warga dunia ibarat berada di lorong gelap dengan ujung yang belum terlihat. Cahaya mulai tampak di depan ketika kasus melandai. Namun, butuh ikhtiar bersama agar pandemi lekas usai.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO, MAWAR KUSUMA WULAN, NINA SUSILO
ยท 1 menit baca
Warga melintas di mural yang berkaitan dengan maraknya pandemi Covid-19 di kawasan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020).
ALIF ICHWAN

Warga melintas di mural yang berkaitan dengan maraknya pandemi Covid-19 di kawasan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020).

Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih mengkaji soal perkembangan pandemi Covid-19. Seperti dituturkan Wakil Presiden Maโ€™ruf Amin, pandemi memang mengarah ke endemi. Bahkan, ada negara yang sudah lebih dulu mengatakan sudah melampaui pandemi.

Indonesia sendiri, kendati dinilai baik menangani pandemi Covid-19, masih mengkaji kemungkinan menetapkan status endemi. โ€Untuk menyatakan bahwa sekarang sudah endemi, pemerintah masih mengkaji. Jangan sampai kita terburu-buru. Kemudian ternyata nanti di belakang ada (lonjakan kasus lagi),โ€ tutur Wapres Amin kepada wartawan di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (22/9/2022).

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan