logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊBPJS Kesehatan Tidak Lagi...
Iklan

BPJS Kesehatan Tidak Lagi Defisit

BPJS Kesehatan dinyatakan tidak defisit pada 2021. Aset bersih BPJS Kesehatan pada 2021 sebesar Rp 38,7 triliun.

Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
Β· 3 menit baca
Petugas BPJS Kesehatan melayani warga di salah satu loket di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (23/11/2021). Dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan terus mengupayakan kemudahan pelayanan dengan pemanfaatan layanan digital. Selain itu, BPJS Kesehatan  mendorong pemerintah yang menjalankan program jaminan sosial untuk mengembangkan jaminan pendapatan saat sakit atau tunjangan sakit kepada warga.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Petugas BPJS Kesehatan melayani warga di salah satu loket di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (23/11/2021). Dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan terus mengupayakan kemudahan pelayanan dengan pemanfaatan layanan digital. Selain itu, BPJS Kesehatan mendorong pemerintah yang menjalankan program jaminan sosial untuk mengembangkan jaminan pendapatan saat sakit atau tunjangan sakit kepada warga.

JAKARTA, KOMPAS β€” Kondisi keuangan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan pada 2021 dinyatakan sehat, tidak defisit. Kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal tersebut tampak dari kondisi Dana Jaminan Sosial (DJS) yang positif. Per 31 Desember 2021, aset bersih BPJS Kesehatan adalah Rp 38,7 triliun. Angka ini tergolong sehat karena mampu memenuhi pembayaran klaim hingga 5,15 bulan ke depan.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan