logo Kompas.id
EkonomiKebijakan ”Zero Emission” Bakal Berimbas ke Sejumlah Komoditas Ekspor

Kebijakan ”Zero Emission” Bakal Berimbas ke Sejumlah Komoditas Ekspor

Kebijakan bebas emisi karbon tidak hanya berimbas pada batubara dan CPO, tetapi juga produk-produk ekspor unggulan Indonesia, seperti besi baja, tembaga, aluminium, nikel, elektronik, pupuk, dan semen.

Oleh
Hendriyo Widi
· 1 menit baca
Memuat data...
LAILY RACHEV - BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN

Presiden Jokowi meninjau pabrik dalam acara Peresmian Hot Strip Mill #2 PT Krakatau Steel (Persero) TBK di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Selasa 21 September 2021.

JAKARTA, KOMPAS — Kebijakan zero emission atau bebas emisi karbon tengah disiapkan dan dimatangkan sejumlah negara dan kawasan. Kebijakan itu akan berimbas tidak hanya untuk komoditas batubara dan minyak kelapa sawit mentah, tetapi juga ke komoditas ekspor unggulan lain asal Indonesia, seperti besi baja, pupuk, elektronik, aluminium, dan semen.

Sejak tahun lalu, Pemerintah China di bawah kepemimpinan Xi Jinping menargetkan China bebas emisi karbon pada tahun 2060. Komitmen tersebut kembali dinyatakan Xi Jinping dalam pidato di sidang Majelis Umum Ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (21/9/2021) siang waktu New York melalui rekaman video.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan