logo Kompas.id
Politik & HukumPerkuat Komitmen Antikorupsi, ...
Iklan

Perkuat Komitmen Antikorupsi, KPK Undang Capres-Cawapres

Penguatan antikorupsi merupakan kegiatan pencegahan korupsi oleh KPK melalui pendidikan antikorupsi.

Oleh
PRAYOGI DWI SULISTYO
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/rrUJlLBL8vhCi5MI8tfqEHTt9_o=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2024%2F01%2F09%2F95700f04-be3f-4aa8-85d7-3eb324b2d7f3_jpg.jpg

Ketiga calon presiden (kanan ke kiri), Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, mengikuti debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Acara Kegiatan penguatan antikorupsi terhadap ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK pada Rabu (17/1/2024) mendatang bertujuan memperkuat komitmen antikorupsi capres-cawapres. Penguatan juga diharapkan pasangan calon yang terpilih dapat mengeluarkan kebijakan yang mendukung pemberantasan korupsi sehari-hari.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding, Rabu (10/1/2024), di Jakarta, mengatakan, kegiatan Penguatan Antikorupsi atau Paku Integritas bertujuan untuk memperkuat komitmen antikorupsi para pasangan capres dan cawapres.

”Diharapkan, ke depan dapat mendorong kebijakan-kebijakan yang mendukung pemberantasan korupsi sesuai ratifikasi UNCAC (Konvensi Antikorupsi Perserikatan Bangsa-Bangsa) dan Jakarta Statement on Principle for Anticorruption Agencies,” kata Ipi melalui keterangan tertulis.

Baca Juga:Debat Capres soal Isu Korupsi: Tahan Koruptor di Nusakambangan hingga Penguatan KPK

Ipi menjelaskan, KPK telah menyelenggarakan rapat koordinasi teknis persiapan kegiatan Paku Integritas khusus bagi pasangan capres dan cawapres pada Rabu (10/1/2024) di Jakarta. Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari ketiga pasangan capres-cawapres.

Diharapkan, ke depan dapat mendorong kebijakan-kebijakan yang mendukung pemberantasan korupsi sesuai ratifikasi UNCAC (Konvensi Antikorupsi Perserikatan Bangsa-Bangsa) dan Jakarta Statement on Principle for Anticorruption Agencies.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding
KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding

Dalam rapat tersebut dijelaskan konsep kegiatan dan teknis penyelenggaraan acara. Selain itu, ada juga pembahasan beberapa substansi terkait materi yang diharapkan dapat dielaborasi oleh masing-masing pasangan capres-cawapres sebagai wujud komitmen dalam upaya pemberantasan korupsi.

Kegiatan penguatan integritas dan antikorupsi kepada pasangan calon capres dan cawapres 2024 ini dimaksudkan sebagai pembekalan kepada pasangan calon untuk selalu memberikan keteladanan dalam menjalankan peran dan tugasnya ke depan.

Iklan

Adapun Paku Integritas merupakan kegiatan pencegahan melalu pendidikan antikorupsi. ”Kegiatan penguatan integritas dan antikorupsi kepada pasangan calon capres dan cawapres 2024 ini dimaksudkan sebagai pembekalan kepada pasangan calon untuk selalu memberikan keteladanan dalam menjalankan peran dan tugasnya ke depan,” kata Ipi.

Wakil pasangan calon nomor tiga merespons

Usai rapat, hanya pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang mau menjawab pertanyaan wartawan. Perwakilan dua pasangan capres-cawapres lainnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, enggan menjelaskan isi rapat tersebut.

Masing-masing capres-cawapres akan menyampaikan komitmennya dalam waktu 10 menit dan akan ada penandatanganan pakta integritas.

Hotasi Nababan dari Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengungkapkan, di dalam rapat teknis dijelaskan bahwa setiap capres-cawapres akan menyampaikan komitmen pemberantasan korupsi. Tidak ada panelis di dalam kegiatan ini. Masing-masing capres-cawapres akan menyampaikan komitmennya dalam waktu 10 menit dan akan ada penandatanganan pakta integritas.

Hotasi Nababan dari Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD
KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Hotasi Nababan dari Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Baca Juga: Pemilu dan Korupsi Politik

Hotasi menegaskan bahwa Ganjar-Mahfud pasti akan datang dalam kegiatan ini dan sudah mengonfirmasi kehadirannya kepada KPK. Ia yakin Ganjar-Mahfud akan berkomitmen pada antikorupsi karena pemberantasan korupsi merupakan program paling utama dari keduanya.

Editor:
SUHARTONO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000