logo Kompas.id
Politik & HukumPemilu 2024 Diusulkan 15 Mei, Komisi II DPR Beri Lima Masukan

Pemilu 2024 Diusulkan 15 Mei, Komisi II DPR Beri Lima Masukan

Jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 belum juga disepakati. Kecukupan waktu bagi masing-masing tahapan dan beban kerja penyelenggara diharapkan menjadi pertimbangan dalam menentukan jadwal pemilu.

Oleh RINI KUSTIASIH / NIKOLAUS HARBOWO
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Heru Sri Kumoro

Suasana rapat kerja antara Komisi II DPR dan Kemendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP membahas persiapan dan kesiapan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/9/2021). Pembahasan antara lain terkait tanggal pelaksanaan pemilu hingga anggaran pemilu.

JAKARTA, KOMPAS — Komisi II DPR RI memberikan lima masukan jika  Pemilu digelar 15 Mei 2024 sesuai usulan pemerintah. Selain pengurangan masa penyelesaian sengketa pemilu dan kampanye, data kependudukan juga mesti diperbaiki. Jika syarat itu dilaksanakan, jadwal pemilihan kepala daerah tak perlu diundur dan revisi Undang-Undang Pilkada juga tidak dibutuhkan.

Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung, di Jakarta, Kamis (7/10/2021), mengatakan, hingga sejauh ini, kepastian tanggal belum disepakati. Dalam rapat konsinyering antara penyelenggara pemilu, pemerintah, dan Komisi II DPR, Rabu (6/10/2021) kemarin, perbedaan pandangan masih muncul dari fraksi-fraksi.

Editor: Anita Yossihara
Bagikan