PLN NTT Terus Tingkatkan Layanan Premium bagi Pelanggan
Jumlah pelanggan premium untuk layanan PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur terus meningkat. Hingga 2022, ada 102 pelanggan premium di NTT dengan total layanan aliran listrik mencapai 23,76 juta volt ampere.
Oleh
KORNELIS KEWA AMA
·3 menit baca
KUPANG, KOMPAS — Jumlah pelanggan kategori premium untuk layanan PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur terus meningkat. Hingga tahun 2022, ada 102 pelanggan premium di NTT dengan total layanan aliran listrik mencapai 23,76 juta volt ampere. Konsumsi listrik sektor sosial dan bisnis pun terus mengalami kenaikan.
General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Fintje Lumembang di Kupang, NTT, Rabu (28/12/2022), mengatakan, layanan premium memiliki tarif yang bersaing dengan layanan reguler. Namun, pasokan listrik dari layanan premium lebih andal dan berkualitas.
”Ini layanan prioritas yang mengedepankan jaminan pasokan listrik kepada pelanggan. Sejumlah manfaat dan keistimewaan yang diperoleh pelanggan premium antara lain tingkat keandalan lebih tinggi dibandingkan layanan reguler karena layanan ini disuplai dari dua sumber,” kata Fintje.
Menurut dia, jika terjadi krisis listrik, pelanggan premium berada di urutan terakhir yang mengalami pengurangan daya sementara. Selain itu, pelanggan premium juga mendapat kompensasi atau pengurangan daya apabila terjadi pemadaman.
Pelanggan premium dilayani oleh account executive premium untuk mendengarkan keluhan secara langsung selama 24 jam. Juga ada tim khusus respons cepat yang membantu pemulihan apabila terjadi gangguan, baik dari sisi PLN maupun pelanggan.
Fintje mengatakan, sejak diberlakukan layanan premium PLN di NTT, jumlah pelanggan terus bertambah. Sampai tahun 2022, PLN telah melayani daya sebesar 23,67 juta volt ampere bagi 102 pelanggan premium di NTT. Jumlah pelanggan premium diprediksi terus bertambah seiring perkembangan pembangunan di daerah ini.
Pelanggan premium terakhir yang dilayani PLN NTT adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Vertikal Kemenkes Kupang di Kelurahan Manulai II, Kecamatan Alak, Kota Kupang, dengan daya terpasang 2.180 VA. Rumah sakit umum pemerintah ini akan menjadi pusat pelayanan jantung terpadu bagi seluruh masyarakat NTT.
Dengan layanan premium di RSUP Vertikal Kemenkes Kupang, maka layanan listrik premium di Kota Kupang mencapai 37 pelanggan dengan total daya yang sudah disalurkan sebesar 13.478.400 VA. Kota Kupang memiliki jumlah pelanggan premium terbesar di NTT, menyusul Manggarai Raya dan Sikka.
Quality Control Mekanikal, Elektrikal, dan Plumbing RSUP Vertikal Kemenkes Muhamad Syahroni memberi apresiasi kepada PLN. Rumah sakit ini sangat membutuhkan pasokan listrik yang andal untuk kegiatan layanan pasien yang sangat vital dan mendesak.
Sementara itu, data penjualan listrik sosial dan bisnis di NTT oleh PLN pada triwulan I tahun 2022 mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni 11,1 persen. Adapun data triwulan II sedang dalam penghitungan PLN. Kondisi itu diikuti dengan peningkatan daya tersambung pelanggan yang tumbuh 10,5 persen dibandingkan tahun 2021.
Ini layanan prioritas yang mengedepankan jaminan pasokan listrik kepada pelanggan.
Konsumsi listrik di sektor sosial dan bisnis pada triwulan I tahun ini mencapai 77 gigawatt jam (GWh). Angka itu sama dengan 27,6 persen dari total konsumsi di NTT. Adapun konsumsi listrik sektor bisnis sebesar 59,5 GWh atau naik 8,7 persen.
Bidang sosial juga tumbuh 19,9 persen dibandingkan Maret 2021 lalu, 17,5 GWh. Sektor pemerintahan tumbuh 4,9 persen dan konsumsi sebesar 16,3 GWh.
Kenaikan penjualan listrik itu diikuti dengan peningkatan daya tersambung pelanggan. Pada Januari-Maret 2022, total daya tersambung mencapai 13.466 megavolt ampere (MVA) atau tumbuh 10,5 persen dibandingkan tahun 2021 sebesar 8,1 MVA.
Peningkatan penjualan ini menandakan bahwa perkembangan ekonomi warga semakin membaik, di samping ada penambahan jumlah rumah tangga baru. Para pelanggan diingatkan agar selalu menggunakan instalasi dan peralatan listrik berstandar SNI untuk menghindari kebakaran akibat korsleting listrik.
Kini, PLN NTT sedang gencar mengembangkan electrifying agriculture dan electrifying lifestyle. Selain itu, PLN mencetuskan sejumlah program yang meringankan pelanggan, seperti diskon biaya tambah daya listrik dan kemudahan layanan pasang baru.