logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiBenahi Sistem Pangan Berbasis Kemandirian dan Keberagaman

Benahi Sistem Pangan Berbasis Kemandirian dan Keberagaman

Pandemi Covid-19 kian menyadarkan akan kerentanan sistem pangan Tanah Air yang masih bergantung pada impor. Perlu dilakukan perbaikan sistem demi tercapai kedaulatan pangan dengan memanfaatkan pangan lokal.

Oleh Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Guru memasak hidangan berbahan sayur dan disiarkan melalui aplikasi Youtube di SMP Lazuardi Kamila GCS, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/10/2020). Siaran tersebut dibuat untuk diakses murid mereka yang masih harus belajar secara daring dari rumah. Selain untuk menyambut Hari Pangan Sedunia, kegiatan itu juga untuk mengajarkan pentingnya mengonsumsi makanan sehat.

JAKARTA, KOMPAS — Pandemi Covid-19 telah menyingkap kerentanan sistem pangan Tanah Air yang tergantung pada impor dan sekaligus bisa menjadi momentum untuk membenahinya. Indonesia seharusnya bisa berdaulat jika mengoptimalkan keberagaman sumber pangan, sesuai dengan kondisi lingkungan dan geografis kepulauan.

Organisasi Pangan Dunia (FAO) telah memperingatkan ancaman kelaparan yang dipicu oleh pandemi Covid-19 ini. ”Kemungkinan, sebanyak 132 juta orang mengalami kelaparan pada 2020 akibat resesi ekonomi yang dipicu pandemi,” sebut FAO dalam menyambut Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober.

Editor: Ichwan Susanto
Bagikan
Memuat data..