logo Kompas.id
EkonomiRCEP Perketat Persaingan...
Iklan

RCEP Perketat Persaingan Produk Strategis Indonesia

Indonesia mesti memitigasi tantangan yang muncul dari implementasi RCEP, khususnya sektor-sektor yang diperkirakan mengalami persaingan lebih ketat dengan negara-negara lain yang terlibat dalam RCEP.

Oleh
M Paschalia Judith J
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1yctT1OD59p2veWF5ZDwgsdk3AY=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F11%2FScreenshot-4_1605443324.png
TANGKAPAN LAYAR DARI KEMENTERIAN PERDAGANGAN

Suasana penandatanganan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional atau RCEP yang digelar secara dalam jaringan, Minggu (15/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia bersama 14 negara menandatangani perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional atau RCEP. Sebelum diimplementasikan, Indonesia mesti menyusun strategi penguatan daya saing, khususnya sejumlah produk strategis.

Negara yang turut menandatangani RCEP terdiri dari 10 negara anggota ASEAN, Selandia Baru, China, Korea Selatan, Jepang, dan Australia. Pakta yang setebal 14.367 halaman ini diteken di akhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) RCEP ke-4, rangkaian KTT ASEAN ke-37 di Hanoi, Vietnam, Minggu (15/11/2020).

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000