logo Kompas.id
Artikel Opini”Winter is Coming” dan ”Game...

”Winter is Coming” dan ”Game of Thrones” dalam Kontestasi Geopolitik Global

Pesan Presiden Jokowi saat membuka Pertemuan Tahunan IMF dan Grup Bank Dunia di Bali tahun 2018 sangat relevan dengan kondisi saat ini. Presiden mengingatkan ancaman dampak kontestasi geopolitik kekuatan besar dunia.

Oleh
NGURAH SWAJAYA
· 1 menit baca
HERYUNANTO

Masih segar dalam ingatan ketika Presiden Joko Widodo membuka Pertemuan Tahunan IMF dan Grup Bank Dunia di Bali tahun 2018. Beliau mengingatkan pentingnya tingkatkan kewaspadaan dan menghindari berpuas-diri, setelah keberhasilan pemulihan ekonomi global pasca-krisis keuangan 2008. Mengutip sequel film seri tahun 2018, yang kontekstual untuk kondisi saat ini, Presiden mengingatkan bahwa ”(evil) winter is coming” ketika mengilustrasikan ancaman dampak kontestasi geopolitik kekuatan besar dunia, yang dapat menjadi bencana besar, apabila tidak dikelola dan berujung kepada konflik militer, seperti dalam serial Game of Thrones.

Tidak ada yang memprediksi pandemi Covid-19 dengan dampak sosial-ekonomi yang dahsyat. Situasi yang diperparah konflik militer di Ukraina dan sanksi ekonomi yang paling masif dalam sejarah modern. Di tengah upaya global memulihkan ekonomi, kita langsung dihadapkan kepada dampak serangan Rusia, berupa kehancuran suatu negara, krisis kemanusiaan, krisis pangan dan energi, serta ancaman resesi ekonomi global yang berdampak terhadap upaya pemulihan ekonomi. Sanksi ekonomi untuk ”menghukum” agresi Rusia, justru ”memakan korban” negara-negara berkembang dan miskin, mulai dari tekanan inflasi, ketahanan pangan, energi dan keterpurukan ekonomi.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan