logo Kompas.id
Kajian DataUMKM dalam Perjalanan E-dagang...
Iklan

UMKM dalam Perjalanan E-dagang Asal Indonesia

Upaya melibatkan pelaku usaha kecil dalam ekosistem digital muncul sejak dua dekade silam. E-dagang turut andil dalam menguatkan daya saing produk lokal dalam perdagangan global.

Oleh
Arita Nugraheni
· 5 menit baca
Pasar perdagangan secara elektronik atau e-dagang di Indonesia diperkirakan semakin ramai oleh kehadiran laman baru Carousell. Skala usaha mereka beragam, mulai dari penyedia platform transaksi e-dagang di daerah hingga laman pemasaran dari perusahaan multinasional.
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Pasar perdagangan secara elektronik atau e-dagang di Indonesia diperkirakan semakin ramai oleh kehadiran laman baru Carousell. Skala usaha mereka beragam, mulai dari penyedia platform transaksi e-dagang di daerah hingga laman pemasaran dari perusahaan multinasional.

Upaya melibatkan pelaku usaha kecil dalam ekosistem digital muncul sejak dua dekade silam. E-dagang turut andil dalam menguatkan daya saing produk lokal dalam perdagangan global. Tumbuh dan tumbang pun mewarnai jejak awal lokapasar asal Indonesia.

Pada 1997, forum negara industri maju G-7 untuk pertama kali mengangkat pentingnya teknologi informasi untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dalam seminar ”A Global Marketplace for Small and Medium Sized Enterprise” di Bonn, Jerman.

Editor:
YOHAN WAHYU
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000