logo Kompas.id
Politik & HukumPerjalanan Kampanye Tiga...
Iklan

Perjalanan Kampanye Tiga Capres, dari Dialog, ”Gemoy”, Bermalam, hingga Tiktok

Para capres-cawapres menerapkan berbagai strategi sepanjang masa kampanye Pemilu 2024 yang mencapai 75 hari.

Oleh
ADITYA PUTRA PERDANA
· 4 menit baca
Tiga pasang calon presiden dan calon wakil presiden saat naik ke panggung bersama-sama dan bersalaman seusai Debat Putaran Ke-5 Calon Presiden Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (4/2/2023).
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Tiga pasang calon presiden dan calon wakil presiden saat naik ke panggung bersama-sama dan bersalaman seusai Debat Putaran Ke-5 Calon Presiden Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (4/2/2023).

Ketiga calon presiden dan wakil presiden sudah sampai di ujung masa kampanye, Sabtu (10/2/2024), sebelum memasuki masa tenang dari Minggu (11/2/2024) hingga hari pemungutan suara pada Rabu (14/2/2024). Beragam strategi ditunjukkan setiap pasangan calon selama 75 hari masa kampanye, mulai dari berdialog dengan rakyat hingga memanfaatkan platform digital seperti Tiktok.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan ketiga paslon capres-cawapres pada 13 November 2023. Sehari setelahnya dilakukan pengundian nomor urut capres/cawapres yang menghasilkan: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Anies, dengan membawa jargon perubahan pada Pemilu 2024, memulai kampanye pada Selasa (28/11/2023) di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara. Lokasi dipilih karena selama menjabat Gubernur DKI Jakarta pada 2017-2022, banyak perubahan terjadi di kampung tersebut. Adapun Muhaimin memulai kampanye di Sidoarjo, Jawa Timur.

Memasuki Desember 2023, Anies-Muhaimin mulai menyasar basis suara Prabowo, seperti di Bogor, Bandung, dan Karawang, Jawa Barat. Gaya blusukan digunakan Anies, antara lain ke Pasar Rengasdengklok, untuk mendengarkan keluh kesah pedagang dan pembeli. Ia juga sempat menemui para santri di Pondok Pesantren Modern Nurussalam, Karawang.

Adapun gaya kampanye yang menonjol dari Anies ialah program ”Desak Anies” yang sudah digelar saat masih bakal calon presiden. Kampanye dialogis dan tanpa naskah itu menyasar anak-anak muda. Mereka berkesempatan bertanya langsung kepada Anies di atas panggung. Mereka yang bukan pendukung Anies-Muhaimin pun dipersilakan datang.

”Saya ingin sampaikan kepada semua bahwa ini adalah komitmen kami sebagai seorang capres untuk berdialog dengan anak-anak muda dan memberikan ruang kepada anak muda untuk membicarakan hal yang menjadi kepentingannya,” kata Anies di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kompas.id, 5/12/2023).

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menjawab pertanyaan di acara Desak Anies Chapter Finale di DBL Arena, Surabaya, Jumat (9/2/2024).
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menjawab pertanyaan di acara Desak Anies Chapter Finale di DBL Arena, Surabaya, Jumat (9/2/2024).

Baca juga: ”Desak Anies” dan Komitmen Menyerap Aspirasi Pemilih Muda

Anies-Muhaimin memanfaatkan platform digital, termasuk Tiktok, yang sebelumnya melekat dengan Prabowo-Gibran. Ia juga memanfaatkan fitur Live Tiktok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan acak dari warganet yang bergabung dalam live itu. Tim Nasional Anies-Muhaimin menyebut cara digunakan karena ada kesadaran akan banyaknya pemilih muda generasi Z yang menggunakan aplikasi tersebut.

Strategi ”gemoy”

Prabowo-Gibran, yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Wali Kota Solo, memilih bekerja seperti biasa pada hari pertama masa kampanye, 28 November 2023. Prabowo baru mulai kampanye, Sabtu (2/12/2023) di Tasikmalaya, Jawa Barat. Adapun Gibran menerima rombongan pengasuh pondok pesatren dan majelis taklim di Jateng.

Iklan

Setelah itu, Prabowo-Gibran bersafari ke sejumlah daerah di Indonesia. Keduanya memanfaatkan cuti bersama hari raya Natal ke daerah berbeda. Prabowo mengunjungi Aceh, sedangkan Gibran blusukan ke sejumlah pasar di Jakarta dan dilanjutkan mengunjungi Kota Manado, Sulawesi Utara.

Adapun strategi kampanye yang dipilih Prabowo-Gibran adalah bercitra ”gemoy”. Gemoy ialah istilah lain dari menggemaskan. Gerak-gerik menggemaskan Prabowo itu kerap ditunjukkan di atas panggung. Berbagai potongan video Prabowo berjoget, disertai latar musik up beat beredar di media sosial. Tak jarang pasangan tersebut disebut merajai Tiktok.

Prabowo berulang menyampaikan bahwa gaya jogetnya itu muncul begitu saja dari alam bawah sadarnya, dari kenangan di masa lalu. ”Jadi mungkin di bawah sadar saya, setiap ada kabar gembira, ya begitu (joget),” tutur Prabowo di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jatim, Jumat (24/11/2023).

Baca juga: Strategi ”Gemoy” Prabowo di Tengah Gempuran Sentimen Negatif

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, saat menghadiri kampanye akbar bertajuk “Pesta Rakyat Wis Wayahe” di Gelanggang Olahraga Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (9/2/2024) sore.
KOMPAS/KURNIA YUNITA RAHAYU

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, saat menghadiri kampanye akbar bertajuk “Pesta Rakyat Wis Wayahe” di Gelanggang Olahraga Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (9/2/2024) sore.

Dalam beberapa kesempatan, Prabowo-Gibran membagikan susu gratis kepada masyarakat. Selain itu, mereka juga mengangkat program makan gratis bagi masyarakat jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden berikutnya.

Menginap di rumah warga

Pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud langsung ”gaspol” pada hari-hari pertama masa kampanye. Pada hari pertama, Ganjar sudah terbang ke ujung timur Nusantara, di Merauke, Papua Selatan. Keesokan harinya, ia masih di kota itu, sebelum kembali ke Jakarta untuk kampanye hari ketiga. Pada hari keempat, Ganjar terbang lagi ke Nusa Tenggara Timur.

Selain berdialog, Ganjar juga intensif menginap di rumah warga. Pada Minggu (28/1/2024), misalnya, Gubernur Jateng selama dua periode itu menginap di rumah warga di Dusun Jobolawang, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Ia menikmati sayur lompong yang disajikan oleh warga setempat.

Mendekati hari pemungutan suara, Ganjar semakin intensif bertemu langsung dengan masyarakat di daerah-daerah. ”Gerak langsung ke masyarakat adalah sesuatu yang jauh lebih penting dilakukan saat ini,” ujarnya di Kabupaten Magelang, Jateng, Rabu (7/2/2024).

Sementara itu, Mahfud MD menggunakan pendekatan dialog dengan mempersilakan warga untuk bertanya secara kritis kepadanya lewat program Tabrak Prof!. Di Aceh, misalnya, ia diberi berbagai pertanyaan seperti isu pengungsi Rohingya, keberlanjutan program penanganan korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat, hingga alasannya bergabung dengan calon presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Ganjar-Mahfud juga disorot karena kerap menggunakan pakaian yang tidak formal, seperti menggunakan jaket. Tak lupa, terselip juga pesan ”sat-set” dan ”tas-tes” yang merujuk pada tawaran kinerja mereka untuk bekerja serta menyelesaikan berbagai persoalan dengan cepat jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden.

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menyapa para pendukungnya di depan Balai Kota Surakarta dalam kampanye pamungkas pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).
KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menyapa para pendukungnya di depan Balai Kota Surakarta dalam kampanye pamungkas pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

Baca juga: Ganjar Intensifkan Kunjungan ke Warga

Dinamika pada masa kampanye 2024 juga tidak terlepas dari hal-hal yang terjadi pada debat Pilpres 2024, yang terbagi dalam lima sesi, yakni tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. Saling serang, bertanya, hingga menggugat program maupun kinerja sebagai pejabat publik selama ini mengemuka. Drama debat pilpres menjadi warna sendiri pada pemilu kali ini.

Editor:
ANTONY LEE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000