logo Kompas.id
Politik & HukumKejar Kemenangan Satu Putaran,...
Iklan

Kejar Kemenangan Satu Putaran, Prabowo-Gibran Bidik 22 Juta Suara Pemilih Muda

Salah satu strateginya, tim Prabowo-Gibran berkolaborasi dengan platform penyedia lapangan kerja.

Oleh
HIDAYAT SALAM
· 4 menit baca
Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran, M Arief Rosyid Hasan, saat konferensi pers mengenai Peluncuran Program Magang Virtual Pemilih Muda Berbasis Project bersama TKN Fanta di Jakarta, Senin (15/1/2024).
KOMPAS/HIDAYAT SALAM

Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran, M Arief Rosyid Hasan, saat konferensi pers mengenai Peluncuran Program Magang Virtual Pemilih Muda Berbasis Project bersama TKN Fanta di Jakarta, Senin (15/1/2024).

JAKARTA, KOMPAS — Tim Kampanye Nasional Fanta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menargetkan suara 22 juta pemilih muda untuk meraih kemenangan satu putaran Pemilihan Presiden 2024. Sisa kampanye kurang dari sebulan, Tim Fanta mengoptimalkan seluruh platform media sosial untuk menarik simpati publik dan meyakinkan pemilih muda.

Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran, M Arief Rosyid Hasan, mengatakan bahwa tim Fanta Prabowo-Gibran memiliki platform pemilihmuda.id yang bertujuan memonitoring dan menjemput atau mengajak pemilih muda untuk bersama-sama menggunakan hak pilih pada 14 Februari 2024. Platform pemilihmuda.id itu digerakkan oleh sukarelawan yang tersebar di puluhan kota besar di Indonesia dengan cara mendengarkan dan menghimpun aspirasi anak muda.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

”Kami melakukan inventarisasi target pemilih muda dimulai daerah pemilihan. Relawan turut mengajak pemilih dan mendata mereka. Bahkan, relawan meminta mereka itu untuk menyampaikan aspirasi dalam platform tersebut,” kata Arief saat Peluncuran Program Magang Virtual Pemilih Muda Berbasis Project bersama TKN Fanta di Jakarta, Senin (15/1/2024).

Baca juga: Jurus Capres-Cawapres Dekati Pemilih Muda, ”Live” Tiktok hingga Aplikasi Foto Bareng

Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran, M Arief Rosyid Hasan, memberikan keterangan pers seusai Peluncuran Program Magang Virtual Pemilih Muda Berbasis Project bersama TKN Fanta di Jakarta, Senin (15/1/2024).
KOMPAS/HIDAYAT SALAM

Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran, M Arief Rosyid Hasan, memberikan keterangan pers seusai Peluncuran Program Magang Virtual Pemilih Muda Berbasis Project bersama TKN Fanta di Jakarta, Senin (15/1/2024).

Dalam proses inventarisasi itu, para sukarelawan di TKN Fanta mendatangi tempat-tempat kumpul para anak muda, seperti warung kopi, kafe, rumah toko (ruko), dan di tempat lainnya. Hal ini untuk menyerap aspirasi dari para pemilih muda. Aspirasi yang sudah terekam itu menyangkut masalah yang sering dialami oleh anak muda, seperti kesehatan, lapangan pekerjaan, dan lingkungan.

”Kita berharap bisa mencapai target suara 22 juta pemilih muda untuk kemenangan satu putaran Prabowo-Gibran. Saat ini saja elektabilitas sudah di atas 40 persen, maka ketika 22 juta suara targetnya tercapai, kita yakin kemenangan satu putaran,” kata Arief.

Menurut Arief, aspirasi yang disampaikan oleh pemilih muda paling banyak diterima adalah keluhan lapangan pekerjaan. Tersedianya lapangan pekerjaan ini merupakan komitmen Prabowo-Gibran jika nanti terpilih dalam Pilpres 2024. ”Kebutuhan anak muda itu, ya, pekerjaan. Tiap tahun ada jutaan anak muda yang telah menyelesaikan kuliah sarjana ataupun SMK (sekolah menengah kejuruan). Tapi, bagaimana penyerapannya di dunia pekerjaan? Kami melihat ini masalah yang harus diselesaikan,” tutur Arief.

Arief mengakui, pendukung Prabowo-Gibran dari kalangan anak muda masih terfokus di wilayah perkotaan. Meski demikian, para tim dan sukarelawan terus mendatangi pemilih muda dengan berbagai latar belakang di berbagai daerah. Bahkan, beberapa waktu lalu menerima dukungan dari buruh perkebunan berusia muda di wilayah Sumatera.

Baca juga: Saat ”Ketua Penguin” dan Sandiaga Uno Berlari Bersama

Pengunjung kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (CFD) berfoto dengan gambar pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang dibuat dengan kecerdasan buatan (<i>artificial intelligence/</i>AI) di kawasan Jalan Udayana, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu (7/1/2024).
KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA

Pengunjung kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (CFD) berfoto dengan gambar pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang dibuat dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di kawasan Jalan Udayana, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu (7/1/2024).

Untuk memaksimalkan suara pemilih muda dari kalangan desa, pihaknya segera merancang dan meluncurkan program khusus untuk mengajak anak muda desa agar lebih merasakan kebanggaan terhadap wilayahnya.

Iklan

”Sejak November, TKN Fanta diluncurkan dan bekerja secara terus-menerus, sudah menghasilkan kerja positif dalam menjaring pemilih muda. Kita manfaatkan semua platform dan cara agar informasi tentang Prabowo-Gibran sampai kepada para pemilih muda,” ujar Arief.

Kita berharap bisa mencapai target suara 22 juta pemilih muda untuk kemenangan satu putaran Prabowo-Gibran.

Komitmen lapangan pekerjaan

Koordinator Pemilihmuda.id TKN Fanta Prabowo-Gibran, Munawir Bangsawan, menjelaskan, sampai 15 Januari 2023 program pemilihmuda.id telah melakukan roadshow ke sejumlah kota, mulai dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, kota-kota di Jawa Tengah, Bali, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, hingga Lampung. Pihaknya melibatkan para sukarelawan dan calon legislatif untuk menjaring pemilih muda dan meminta menuangkan aspirasinya ke dalam platform tersebut.

”Aspirasi yang terekam dalam platform kami itu memang banyak mengenai kebutuhan lapangan pekerjaan,” ujar Munawir.

Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat tiba dalam Debat Calon Presiden Pemilu 2024 Putaran Ketiga di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat tiba dalam Debat Calon Presiden Pemilu 2024 Putaran Ketiga di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Mengatasi masalah sulitnya lapangan pekerjaan, pihaknya berkolaborasi dengan platform penyedia lapangan kerja dan pelatihan, yakni Rakamin Academy. Kolaborasi Pemilihmuda.id dengan Rakamin Academy ini dapat mengakselerasi peluang karier anak muda. Penyerapan karier profesional bagi anak muda pun menjadi lebih cepat dan mudah.

Ada tiga program secara gratis yang dilaksanakan oleh Pemilihmuda.id bersama Rakamin Academy, seperti program intensif atau job guarantee bootcamp, magang berbasis proyek, serta mini intensive course di mana anak muda dapat bersekolah sambil bekerja sambilan yang menghasilkan keuntungan.

Baca juga: Palagan Pasukan Siber Anies, Prabowo, dan Ganjar di Jagat Maya

Cara untuk menjadi peserta pada program tersebut ialah mendaftar melalui Pemilihmuda.id dan diwajibkan mengumpulkan sebanyak 20 aspirasi anak muda yang terekam pada platform Pemilihmuda.id.

https://cdn-assetd.kompas.id/Lz9o3qABGoT7DXHrE5BGAx0NL3g=/1024x606/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F12%2F29%2Ff378912b-f086-413b-94a8-a0749f245066_jpg.jpg

Poster sosialisasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran saat melakukan kampanye di persimpangan Sarinah, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

”Kita dorong implementasi program ini secara bertahap. Untuk batch pertama, ada 1.500 kuota hingga akhirnya dalam hitungan bulan kita bisa membantu 100.000 pemuda relawan untuk diseleksi dan mendapatkan kesempatan magang dan bekerja. Anak muda sudah bisa mendaftar sekarang dan kami seleksi,” katanya.

CEO Rakamin Academy yang juga Koordinator Fanta Karir, Andika Deni Prasetya, menambahkan, melalui kolaborasi dengan Rakamin Academy, pihaknya ingin menghadirkan kemudahan bagi anak-anak muda agar cepat mendapat pekerjaan. Di sisi lain, perusahaan juga mendapat kompetensi yang dibutuhkan.

”Tujuan program ini bukan lagi hanya sebatas upskilling, tapi langsung penyerapan kerja. Sebab, platform yang sudah dibangun Rakamin Academy itu ada dua sisi. Di sisi peserta, ketika mereka ikuti program ini, kompetensi-kompetensinya akan diukur secara otomatis oleh sistem. Kemudian kompetensi itu akan terekam langsung dan bisa diakses oleh perusahaan,” kata Andika.

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000