logo Kompas.id
OpiniMenilai Layanan Rumah Sakit
Iklan

Menilai Layanan Rumah Sakit

Layanan untuk memenuhi kepuasan pasien lebih mudah dinilai, tetapi mutu layanan medis adakalanya hanya dapat dipahami oleh kalangan medis.

Oleh
DR SAMSURIDJAL DJAUZI
· 6 menit baca
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan sebuah rumah sakit baru di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (11/6/2022).
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan sebuah rumah sakit baru di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (11/6/2022).

Sebagai penyandang penyakit kronik, sekitar 20 tahun ini, saya harus berkonsultasi dengan berbagai dokter di rumah sakit. Saya juga sempat berobat di berbagai rumah sakit di Indonesia. Kesan saya, layanan rumah sakit sudah jauh lebih ramah dan nyaman.

Namun, sebagai konsumen rumah sakit, saya juga ingin memberi masukan berdasarkan pandangan saya tentang layanan rumah sakit. Sebagai orang yang tak punya latar belakang pendidikan kesehatan, penilaian saya lebih bersifat yang saya rasakan. Saya tak punya pemahaman untuk menilai layanan rumah sakit secara medis.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000