logo Kompas.id
OpiniMengamankan Pasar ASEAN
Iklan

Mengamankan Pasar ASEAN

ASEAN menjadi pasar bagi berbagai perusahaan teknologi, mulai dari perhotelan, transportasi, perdagangan, hingga kuliner. Sejumlah perusahaan dari sejumlah negara berinvestasi dan menjual produk di Asia Tenggara.

Oleh
Redaksi
· 2 menit baca
Pengemudi Gojek mengenakan jaket dan helm berlogo baru saat acara pergantian logo Gojek bersama Pendiri dan CEO Gojek Grup Nadiem Makarim di Jakarta, 22 Juli 2019.
KOMPAS/ PRIYOMBODO

Pengemudi Gojek mengenakan jaket dan helm berlogo baru saat acara pergantian logo Gojek bersama Pendiri dan CEO Gojek Grup Nadiem Makarim di Jakarta, 22 Juli 2019.

Asia Tenggara jadi kawasan yang menarik bagi perusahaan teknologi. Pasar yang besar, ketersediaan sumber daya manusia, kemudahan investasi pun menjadi daya tarik.

Namun, ASEAN masih perlu mengamankan dirinya. Dalam kurun dua-tiga tahun terakhir, berdasarkan laporan riset Credit Suisse, ”ASEAN Unicorns: Scaling New Heights”, Oktober 2021, jumlah rintisan bidang teknologi yang bervaluasi 1 miliar dollar AS atau unicorn di Asia Tenggara lebih dari 30 perusahaan (Kompas, 25/1/2022).

Editor:
ANTONIUS TOMY TRINUGROHO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000