logo Kompas.id
EkonomiUnicorn Terus Marak,...
Iklan

Unicorn Terus Marak, Persaingan Kian Sengit

Sepanjang 2021, aksi merger dan akuisisi pada perusahaan rintisan bidang teknologi meningkat pesat. Bisnis rintisan dengan inovasi baru marak bermekaran. Kompetisi pun makin menguat.

Oleh
MEDIANA
· 5 menit baca
Suasana di gerai kopi Kenangan di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019). Bisnis waralaba gerai kopi lokal berkembang sejak beberapa tahun terakhir seiring dengan meningkatnya tren minum kopi.
SRI REJEKI

Suasana di gerai kopi Kenangan di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019). Bisnis waralaba gerai kopi lokal berkembang sejak beberapa tahun terakhir seiring dengan meningkatnya tren minum kopi.

Dalam kurun 2-3 tahun terakhir, berdasar laporan riset Credit Suisse ”ASEAN Unicorns: Scaling New Heights”, Oktober 2021, jumlah perusahaan rintisan bidang teknologi yang bervaluasi 1 miliar dollar AS atau unicorn di Asia Tenggara telah lebih dari 30 perusahaan.

Singapura dan Indonesia paling banyak berkontribusi dalam total unicorn di kawasan ini. Perusahaan rintisan bidang teknologi berstatus unicorn itu antara lain Kopi Kenangan, Xendit, Akulaku, OVO, Traveloka, Carro, Lazada, Carsome, Ninja Van, PropertyGuru, dan Vietnam Payment Solutions.

Editor:
NUR HIDAYATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000