Charles Leclerc berharap balapan sprint pertama musim ini di Imola akan berlangsung seru dengan mobil-mobil era baru F1 yang lebih mudah untuk mendahului. Selain itu, balapan sprint menawarkan delapan poin yang krusial.
Oleh
AGUNG SETYAHADI
·5 menit baca
IMOLA, MINGGU — Balapan sprint musim ini menjadi lebih krusial dalam perburuan gelar juara Formula 1 karena menawarkan poin yang lebih besar bagi pemenang, yakni delapan poin dari musim lalu yang hanya tiga poin. Perubahan sistem poin itu akan membuat persaingan saat kualifikasi dan balapan sprint semakin ketat.
Hal ini memberi beban berat pada tim mekanik untuk menemukan setelan mobil ideal dalam satu sesi latihan bebas. Musim ini, ada tiga balapan sprint di Imola, Red Bull Ring, dan Interlagos.
Balapan sprint pertama akan berlangsung di Sirkuit Imola, Italia, Sabtu (23/4/2022). Posisi start balapan akan ditentukan dalam sesi kualifikasi yang menggunakan format normal pada Jumat pukul 22.00-23.00 WIB. Tim-tim dituntut bekerja secara efektif dan efisien menemukan setelan mobil ideal untuk kualifikasi dalam 60 menit sesi latihan pertama pada Jumat mulai pukul 18.30 WIB.
Pebalap yang mencetak waktu tercepat dalam kualifikasi akan meraih status pole position. Ini berbeda dengan musim 2021, saat status peraih pole position diberikan kepada pemenang balapan sprint yang disebut kualifikasi sprint pada Sabtu, bukan kepada pebalap tercepat saat kualifikasi pada Jumat. Peraih pole position musim ini tidak berarti start terdepan saat balapan utama pada Minggu, tetapi start terdepan saat balapan sprint. Sementara start terdepan saat balapan utama ditentukan dari hasil balapan sprint.
Selain perubahan pemberian penghargaan peraih pole position, balapan sprint musim ini memberikan poin yang lebih besar dibandingkan dengan musim lalu. Pada 2021, poin hanya diberikan kepada tiga pebalap terdepan, dengan 3, 2, dan 1 poin untuk pebalap finis terdepan, kedua dan ketiga. Musim ini ada delapan pebalap yang akan mendapatkan poin. Pemenang balapan akan meraih delapan poin dan terus turun satu poin hingga pebalap di posisi kedelapan mendapat satu poin.
Pemberikan poin yang lebih besar ini membuat balapan sprint lebih krusial dalam perburuan juara. Para pebalap yang bersaing di papan atas bisa memangkas selisih poin dengan pemuncak klasemen, atau sebaliknya, pemuncak klasemen memperlebar keunggulan.
Saat ini, klasemen pebalap dipimpin oleh pebalap Ferrari, Charles Leclerc, dengan 71 poin, unggul 34 poin atas pebalap Mercedes, George Russell, di posisi kedua. Ini keunggulan yang masif mengingat balapan F1 baru berlangsung tiga seri, yaitu Bahrain, Arab Saudi, dan Australia. Leclerc yang musim ini memiliki mobil cepat, lincah, dan andal berpeluang meraih poin lebih besar akhir pekan ini di hadapan tifosi Ferrari. Dia berharap balapan sprint dan balapan utama di Imola berlangsung seru.
”Saya lupa sama sekali bahwa kami memiliki balapan sprint di sana (Imola),” ungkap Leclerc kepada RaceFans, Minggu (17/4/2022).
”Bagi kami, ada banyak hal yang akan cukup gila di Imola. Selain itu, yang pasti akan menjadi akhir pekan balapan karena kami akan memiliki balapan sprint. Apakah ini trek yang tepat atau tidak untuk menggelar itu, saya tidak tahu, kita akan mendapat jawaban setelah balapan,” ujar pebalap asal Monako itu.
Leclerc berharap balapan akhir pekan ini berlangsung ketat dan seru dengan mobil-mobil generasi baru F1 yang bisa lebih dekat saat membuntuti pebalap di depan. Manuver saling mendahului pun lebih mudah dengan perubahan regulasi musim ini.
”Dengan mobil-mobil ini, mungkin sedikit lebih mudah untuk membuntuti. Jadi, semoga ini akan menjadi balapan sprint dan balapan utama yang menarik,” kata Leclerc.
Saya lupa sama sekali bahwa kami memiliki balapan sprint di Imola.
Balapan di Imola ini akan dipadati oleh tifosi tim ”Kuda Jingkrak” yang sudah sangat lama menantikan tim idolanya kembali ke persaingan juara. Saat ini, Ferrari menjadi kandidat juara pebalap dan konstruktor seiring performa mobil F1-75. Mobil baru Ferrari itu memang belum sempurna karena masih mengalami porpoising atau memantul-mantul sebagai efek konsep ground effect.
Namun, Leclerc tetap mampu memeras potensi F1-75, bahkan merasa tidak terlalu terganggu dengan porpoising yang belum sepenuhnya teratasi itu. ”Saya tidak tahu mengapa, tetapi saya tidak terlalu sensitif dengan itu,” ucap pebalap berusia 24 tahun itu setelah menang di Australia.
”Itu terlihat sangat buruk di kamera mobil. Sudah pasti saya merasakan itu, tetapi itu tidak terlalu mengganggu saya terkait performa. Hanya sedikit pada Tikungan 9, karena itu rumit. Mobil memantul-mantul,” lanjut Leclerc.
”Gangguan itu sesuatu yang ingin kami atasi karena tidak membantu kami untuk konsisten, khususnya begitu memantul-mantul di tikungan, itu bisa menjadi masalah. Jadi, kami perlu menyelesaikan itu,” pungkas Leclerc.
Ferrari belum akan menggunakan paket perbaikan yang signifikan di Imola, demikian pula Mercedes yang masih kesulitan mengatasi porpoising. Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Russell, berharap W13 bisa lebih baik di Imola.
”Saya sangat berharap kami bisa segera kembali ke persaingan. Tetapi, dengan setiap peningkatan kecil yang mungkin kami lakukan, (Ferrari) dan Red Bull kemungkinan juga akan melakukan langkah yang sama. Jadi, ini tidak akan mudah. Dan, ya, selisihnya cukup besar saat ini, tetapi jalan masih panjang,” tutur Hamilton, yang kini berada di peringkat kelima klasemen dengan 28 poin.
Jadwal Balapan F1 Seri Emilia Romagna di Imola
Jumat (22/4/2022)
·Latihan bebas 1 : 18.30-19.30 WIB
·Kualifikasi : 22.00-23.00 WIB
Format normal Q1, Q2, Q3, untuk menentukan posisi start balapan sprint
Sabtu (23/4/2022)
·Latihan bebas 2 : 17.30-18.30 WIB
·Balapan sprint : 21.30-22.30 WIB
Menempuh jarak 100 kilometer, menentukan posisi start balapan utama, poin untuk delapan pebalap terdepan