logo Kompas.id
NusantaraHemat Energi dengan Biogas Kotoran Sapi di Banjarnegara

Hemat Energi dengan Biogas Kotoran Sapi di Banjarnegara

Sejumlah keluarga di sekitar kandang sapi di Kampung Silembu memanfaatkan kotoran sapi untuk menyalakan kompor dan lampu. Mereka berhemat biaya untuk pembelian gas elpiji dengan pemanfaatan biogas.

Oleh WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO

Pekerja membersihkan kotoran sapi di Dusun Silembu, Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (3/9/2021). Kotoran sapi itu dimanfaatkan untuk biogas.

Di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, sejumlah warga memanfaatkan kotoran sapi untuk diolah menjadi biogas dan mampu menghemat pengeluaran untuk kebutuhan energi sehari-hari. Selain berdampak secara ekonomi, lingkungan sekitar juga lebih terjaga karena kotoran sapi tak lagi mencemari.

Sebanyak 17 keluarga di Dusun Silembu, Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Banjarnegara, memanfaatkan kotoran sapi untuk biogas. Biogas dari kotoran 37 ekor sapi yang dipelihara oleh Kelompok Tani Ternak Sapi ”Suprah” itu digunakan untuk menyalakan kompor untuk memasak serta menyalakan lampu petromaks sebagai lampu emergensi jika listrik padam.

Editor: Gregorius Magnus Finesso
Bagikan
Memuat data..