logo Kompas.id
KesehatanSinyal Kuning Penanganan Pandemi Covid-19

Sinyal Kuning Penanganan Pandemi Covid-19

Di tengah merebaknya penyebaran varian Omicron, kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 perlu ditingkatkan. Itu seiring memburuknya sejumlah indikator penanggulangan penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 tersebut.

Oleh
DEONISIA ARLINTA/AHMAD ARIF
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/DENIS FARREL

Seorang pemilik kios menunggu pembeli di Rosebank Mall Rooftop Market, Johannesburg, Afrika Selatan, Minggu (28/11/2021). Galur baru virus SARS-CoV-2 yang dinamai Omicron ditemukan di Afrika Selatan memaksa sejumlah negara meningkatkan kewaspadaan serta  menutup dan membatasi pelintasan di perbatasannya.

JAKARTA, KOMPAS — Di tengah penyebaran varian Omicron yang terus meluas ke sejumlah negara, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia menunjukkan sinyal kuning. Hal itu  ditandai dengan tren negatif beberapa indikator penanggulangan penyakit itu di tengah meluasnya penyebaran varian Omicron.

Selain kasus aktif serta tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit dan Wisma Atlet meningkat, mobilitas masyarakat juga naik serta ada penurunan kepatuhan protokol kesehatan dan laju vaksinasi.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan