logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiVarian Omicron Dikhawatirkan Berada di Balik Lonjakan Kasus Covid-19

Varian Omicron Dikhawatirkan Berada di Balik Lonjakan Kasus Covid-19

Varian SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, Omicron, terus menyebar makin luas, dengan yang terbaru terdeteksi di India. Keberadaan varian ini dikhawatirkan memicu lonjakan kasus penyakit infeksi tersebut.

Oleh
Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/DENIS FARRELL

Seorang perempuan mengenakan masker untuk mencegah penularan Covid-19 sambil menggendong anaknya di punggung di pinggir jalan yang ramai di Pretoria, Afrika Selatan, Sabtu (27/11/2021). Di tengah dunia khawatir mengadapi penyebaran varian baru Covid-19, Omicron, para ilmuwan berjuang mengatasi penyebaran varian yang pertama kali diidentifikasi di negara tersebut.

JAKARTA, KOMPAS — Kasus baru Covid-19 Afrika Selatan, yang telah melaporkan keberadaan varian Omicron, meningkat hampir dua kali lipat dalam sehari,  melebihi saat terjadi gelombang kasus akibat Delta. Pada saat yang sama, varian Omicron menyebar makin luas, dengan yang terbaru terdeteksi di India.

Data penularan Covid-19 di Afrika Selatan yang bisa diakses di worldometers.info pada Kamis (2/12/2021) menunjukkan, kasus Covid-19 baru yang dikonfirmasi naik dua kali lipat menjadi 8.561 orang pada Rabu (1/12) dibandingkan sebelumya 4.373 kasus sehari sebelumnya.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan