logo Kompas.id
InternasionalMilenial Jepang Hidup Pasrah
Iklan

Milenial Jepang Hidup Pasrah

”Pemerintah mendorong kami agar memiliki anak dengan bermohon. Akan tetapi, kebanyakan kami tidak memiliki cukup uang untuk membesarkan anak,” tutur Suganuma Natsuki, warga Tokyo, Jepang.

Oleh
SIMON P SARAGIH S
· 6 menit baca
Penumpang di Jepang menanti kedatangan kereta di sebuah stasiun di Tokyo, Jepang, 26 Mei 2023.
AP/EUGENE HOSHIKO

Penumpang di Jepang menanti kedatangan kereta di sebuah stasiun di Tokyo, Jepang, 26 Mei 2023.

Carilah informasi ekonomi Jepang di Google News, di dalamnya akan turut muncul kisah pasrah para milenial di negara itu. Mereka memandang hidup yang kontras dengan pengalaman kakek nenek mereka. Jika generasi kakek nenek berbelanja bebas, mereka terjebak kebuntuan tentang pekerjaan dan masa depan.

Generasi milenial di Jepang sekarang hanya bisa mengenang booming ekonomi sejak Perang Dunia II. Mereka kini hanya mengenang generasi kakek nenek plesiran ke seluruh dunia. Hingga hotel termewah di dunia sekalipun pada zaman 1980-an menyediakan nasi, lauk ikan, atau setidaknya khas makanan Asia. Ini karena Jepang sangat mendunia, termasuk lewat plesiran. Hingga di Bali saja beberapa warga setempat sampai paham bahasa Jepang.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000