logo Kompas.id
InternasionalPengalaman Karantina di China,...
Iklan

Pengalaman Karantina di China, Sehari Hanya Tiga Kali Bersua Manusia

Bepergian ke China selama masih ada pandemi Covid-19 tak akan bisa murah. Selain biaya tiket pesawat, ada biaya karantina. Seluruh proses ke China ini tak lepas dari dua urusan: identitas diri dan status kesehatan.

Oleh
LUKI AULIA, DARI FUZHOU, CHINA
· 5 menit baca
Dalam foto yang tidak disebutkan tanggalnya ini, terlihat petugas hotel membagikan makanan tiga kali sehari ke setiap kamar dan meletakkannya di atas kursi di depan kamar bagi warga yang menjalani karantina di sebuah hotel di Fuzhou, Provinsi Fujian, China, Juni 2022.
KOMPAS/LUKI AULIA

Dalam foto yang tidak disebutkan tanggalnya ini, terlihat petugas hotel membagikan makanan tiga kali sehari ke setiap kamar dan meletakkannya di atas kursi di depan kamar bagi warga yang menjalani karantina di sebuah hotel di Fuzhou, Provinsi Fujian, China, Juni 2022.

”Ting tong!” Terdengar bunyi bel yang diikuti ketokan di pintu. Bersegera jalan ke arah pintu sambil memakai masker, pelindung wajah (faceshield), dan jaket. Mestinya pakai sarung tangan juga, tetapi cairan sanitasi saja cukup rasanya. ”Xie xie”, terlontar ucapan terima kasih kepada mas-mas pegawai hotel yang mengantarkan jatah makanan ke setiap kamar hotel itu. Si mas-mas berpakaian hazmat putih lengkap itu mengangguk sambil membalas ”buxie” dan segera berlalu. Dari balik kacamata goggle-nya, sepertinya ia sedang tersenyum.

Jatah makanan diletakkan saja di kursi yang sudah tersedia di depan setiap kamar. Begitu terus setiap hari, tiga kali sehari. Petugas hotel karantina di Fuzhou Seaview Fliport Resort, Fuzhou (sekitar 1.800 kilometer selatan Beijing), Provinsi Fujian, China, akan mengantarkan makanan untuk sarapan pada pukul 08.00, makan siang pukul 12.00, dan makan malam pukul 17.00 waktu setempat. Makanan terbungkus plastik berlapis diletakkan di kursi saja untuk meminimalisasi kontak antarmanusia.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000