logo Kompas.id
InternasionalIndonesia Bisa Sodorkan Narasi Alternatif di G-20

Indonesia Bisa Sodorkan Narasi Alternatif di G-20

Indonesia melalui Presidensi G-20 pada 2022 berpeluang ikut menentukan agenda global. Selama ini, agenda global ditentukan negara-negara adidaya. Namun dengan posisinya yang strategis, Indonesia bisa mewarnai.

Oleh
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Logo Presidensi G-20 Indonesia di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (11/2/2022). Presidensi G-20 Indonesia yang mengusung tema ”Recover Together, Recover Stronger” menjadi momentum bagi Indonesia untuk memberikan kontribusi lebih besar di panggung internasional. Konferensi Tingkat Tinggi yang dihadiri kepala negara anggota G-20 itu digelar di Bali pada 30-31 Oktober 2022.

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia sebagai Ketua G-20 pada 2022 bisa menyodorkan narasi alternatif untuk ikut merekayasa arah perubahan dunia yang lebih damai, berkelanjutan, dan berkeadilan. Dalam jangka pendek, sumbangsih Indonesia diharapkan membantu pemulihan global dari pandemi Covid-19.

Sebetulnya kita berharap Indonesia melalui G-20 bisa menentukan arah dunia ke depan. Biasanya yang menentukan arah dunia ke depan adalah G-7. Sekarang dengan kepemimpinannya, Indonesia yang akan menentukan arah ke depan. Itu tantangannya,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam wawancara khusus dengan harian Kompas dan Jakarta Post di Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Editor:
Laksana Agung Saputra
Bagikan