logo Kompas.id
InternasionalPfizer Kejar Otorisasi Dosis Ketiga

Pfizer Kejar Otorisasi Dosis Ketiga

Pfizer mengajukan otorisasi vaksin dosis ketiga untuk membantu peningkatan kekebalan tubuh atas virus SARS-CoV-2 varian Delta yang kini mendominasi penularan di AS. Namun, masih banyak warga AS yang belum divaksin.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AP/DAMIAN DOVARGANES

Seorang perempuan divaksinasi di dalam kendaraannya saat vaksinasi Covid-19 massal di luar The Forum, Inglewood, California, Amerika Serikat, Selasa (26/1/2021) waktu setempat.

WASHINGTON, JUMAT — Perusahaan farmasi Pfizer-BioNTech tengah mencoba mendapatkan otorisasi dari Pemerintah Amerika Serikat agar bisa memberikan dosis ketiga vaksin mereka untuk meningkatkan imunitas tubuh penggunanya. Suntikan ketiga dalam jangka waktu 12 bulan diyakini akan memberikan tambahan imunitas penggunanya menghadapi virus SARS-CoV-2 yang terus bermutasi dan menjadikannya lebih berbahaya.

Mikael Dolsten, Presiden Divisi Penelitian dan Pengembangan Pfizer, Kamis (9/7/2021), mengatakan, data awal dari penelitian mereka memperlihatkan tingkat antibodi para sukarelawan melonjak 5-10 kali lipat setelah mendapat suntikan vaksin untuk ketiga kalinya dibandingkan dengan pengguna yang hanya mendapatkan dua dosis vaksin. Dolsten berharap, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) bisa mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk dosis ketiga pada Agustus mendatang.

Editor: Fransisca Romana
Bagikan
Memuat data..