logo Kompas.id
InternasionalKerja Bersama demi Perangi...
Iklan

Kerja Bersama demi Perangi Pandemi

Nasionalisme vaksin membuat upaya melawan pandemi Covid-19 tertahan. Diperlukan upaya bersama untuk terus mendorong dan memperkuat komitmen serta kerja sama multilateral untuk menjamin kesetaraan akses pada vaksin.

Oleh
Luki Aulia
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/WPihudwVB61j-MDibLoM75_64iI=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F04%2FJapan-Indonesia_95391286_1617526950.jpg
DAVID MAREUIL/POOL PHOTO VIA AP

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi (kiri) dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kedua dari kiri) menggelar pertemuan dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi (kanan) dan Menhan Jepang Kishi Nobuo (kedua dari kanan) pada awal pertemuan ”two-plus-two” menlu dan menhan Indonesia-Jepang di Iikura, Wisma Tamu Kementerian Luar Negeri Jepang, Tokyo, 30 Maret 2021.

Energi positif, kerja sama, dan mengesampingkan kepentingan diri sendiri demi masa depan lebih baik menjadi pesan yang dibawa oleh Menteri Luar Negeri  RI Retno Marsudi saat berkunjung ke Jepang dan China. Saat bertemu—secara terpisah—dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Menlu Jepang Toshimitsu Motegi, dan Menlu China Wang Yi, ketiga hal itu juga menjadi acuan saat membahas isu penanganan pandemi Covid-19, ketahanan kesehatan, serta pemulihan ekonomi.

Bagaimanapun, pandemi hanya bisa dikalahkan apabila tidak ada negara ”menjadi” egois, memikirkan keselamatannya sendiri. Untuk itu, komitmen bersama untuk menjamin akses vaksin untuk semua negara secara adil dan merata penting untuk selalu dijaga.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H, samsulhadi
Bagikan