logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiTransformasi Digital Kesehatan...
Iklan

Transformasi Digital Kesehatan Dinilai Masih Sebatas Jargon

Transformasi digital kesehatan di Indonesia diharapkan tidak sekadar jargon. Berbagai kendala yang terjadi perlu segera diatasi sehingga tujuan transformasi untuk memudahkan akses masyarakat bisa tercapai.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 4 menit baca
Calon penumpang sedang mengakses aplikasi Peduli Lindungi melalui gawai di Bandara Radin Inten II Lampung, Kamis (16/12/2021).
KOMPAS/VINA OKTAVIA

Calon penumpang sedang mengakses aplikasi Peduli Lindungi melalui gawai di Bandara Radin Inten II Lampung, Kamis (16/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Transformasi digital pada layanan publik bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan yang dibutuhkan, termasuk layanan kesehatan. Namun, saat ini masih banyak masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan layanan, bahkan ketika genting.

Hal tersebut tergambarkan dalam riset yang dilakukan Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG) dan Yayasan Tifa mengenai tata kelola data di sektor pendidikan dan kesehatan. Riset yang dilakukan pada 2021 tersebut berfokus pada lima aspek dengan tiga aspek, di antaranya terkait dengan kesehatan, yakni beban layanan kesehatan, penelusuran kontak, dan vaksinasi.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000