logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiBaterai Kendaraan Listrik dari Ampas Kopi

Baterai Kendaraan Listrik dari Ampas Kopi

Baterai merupakan komponen penting kendaraan listrik. Riset baterai listrik untuk kendaraan akan bermanfaat bagi pengembangan industri kendaraan listrik ke depan.

Oleh
PRADIPTA PANDU
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DIMAS WARADITYA NUGRAHA

Pengunjung mengamati sejumlah produk yang diproduksi perusahaan baja asal Korea Selatan, yakni Pohang Iron and Steel Company (POSCO), dalam Global EVI Forum 2018 di Songdo Convensia, Incheon, Korea Selatan, Selasa (6/11/2018). Memproduksi baja secara massal sejak 1973, POSCO kini mulai melirik peluang diversifikasi usaha di bidang energi, seperti baterai litium dan biofarmasi.

Peneliti dari Departemen Teknik Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengembangkan inovasi material baterai litium ion untuk kendaraan listrik dari ampas kopi. Inovasi ini memiliki keunggulan, di antaranya memiliki bobot lebih ringan dan waktu pengisian daya yang lebih cepat.

Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Sejak beberapa tahun lalu, konsumsi kopi di Indonesia bahkan terus meningkat. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian mencatat, total konsumsi kopi di Indonesia mencapai 228.000 ton per tahun.

Editor:
Adhitya Ramadhan
Bagikan