logo Kompas.id
Gaya HidupGawaiPegasus Milik NSO Group Israel Kembali Sadap Jurnalis

Pegasus Milik NSO Group Israel Kembali Sadap Jurnalis

Aplikasi penyadapan Pegasus yang dibuat oleh perusahaan teknologi dari Israel, NSO Group, terdeteksi kembali digunakan untuk memata-matai jurnalis. Kali ini, 36 jurnalis Al Jazeera menjadi korbannya.

Oleh satrio pangarso wisanggeni
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Layanan pesan instan antarpengguna gawai Apple, iMessage, seperti yang terlihat pada Senin (21/12/2020). Apyware Pegasus buatan firma Israel, NSO Group, dilaporkan menggunakan celah keamanan pada iMessage untuk menyusup ke ponsel target penyadapan.

JAKARTA, KOMPAS — Penggunaan teknologi penyadapan Pegasus milik firma siber asal Israel, NSO Group, kembali terdeteksi. Melalui celah keamanan pada aplikasi iMessage pada ponsel Apple iPhone, sejumlah negara yang menjadi klien NSO Group dapat merekam suara, melacak lokasi, dan mengakses penyimpanan kata sandi milik target.

Sebanyak 36 wartawan, produser, pembaca berita, dan pejabat di Al Jazeera, serta 1 jurnalis Al Araby TV London menjadi target penyadapan oleh aktor negara yang menggunakan spyware milik NSO Group, Pegasus, pada Juli dan Agustus 2020.

Editor: khaerudin
Bagikan
Memuat data..