logo Kompas.id
EkonomiBank Dunia: RI Punya Tiga Area Potensial Penciptaan Pekerjaan Hijau

Bank Dunia: RI Punya Tiga Area Potensial Penciptaan Pekerjaan Hijau

Berdasarkan hasil analisis Bank Dunia terhadap 200 portal lowongan kerja di Indonesia pada 2020, ada permintaan kuat terhadap pekerja berketerampilan tinggi yang memiliki kemampuan khusus di bidang ekonomi hijau.

Oleh
Hendriyo Widi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Sejumlah truk mengangkut batubara di Blok Tutupan yang ditambang PT Adaro Indonesia di perbatasan Kabupaten Tabalong dan Balangan, Kalimantan Selatan, Rabu (19/5/2010).

JAKARTA, KOMPAS — Pembangunan ekonomi hijau, termasuk transisi energi, di Indonesia perlu dibarengi dengan penciptaan lapangan kerja dan transisi pekerja yang terkait dengan sektor-sektor tersebut. Bank Dunia menyebutkan Indonesia memiliki tiga area potensial yang perlu digarap sejak sekarang untuk mewujudkan pekerjaan hijau.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Satu Kahkonen, Senin (22/11/2021), mengatakan, Indonesia telah berkomitmen mewujudkan ekonomi hijau, termasuk di dalamnya menyangkut transisi energi. Oleh karena itu, Indonesia perlu segera menyiapkan transisinya, terlebih di sektor ketenagakerjaan.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan