logo Kompas.id
EkonomiHunian Berbalut Normal Baru
Iklan

Hunian Berbalut Normal Baru

Beragam konsep muncul dalam menghadirkan hunian di masa pandemi. Namun, perilaku masyarakat yang berubah cepat memunculkan tantangan sejauh mana desain normal baru relevan dengan kebutuhan pasar setelah pandemi.

Oleh
BM Lukita Grahadyarini dan Mediana
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/MQ7jWvgnEHMhZ1cnlXGcmN510-k=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F10%2F81232c2b-e191-409f-82ab-038820aa2969_1633430024.jpg
Kompas

Foto udara rumah tapak di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (30/9/2021). Masa pandemi Covid-19 telah menggiring kesadaran sebagian masyarakat akan kebutuhan dasar hunian yang nyaman, sehat, dan multifungsi.

Masa pandemi Covid-19 ibarat bonus bagi industri properti yang cenderung stagnan dalam 5-6 tahun terakhir. Perilaku kehidupan urban berubah lebih cepat daripada desain bangunan atau tata perkotaan. Desain hunian berbalut normal baru yang bermunculan pun diwarnai perdebatan, apakah itu gimmick promosi atau benar belaka.

Laporan terbaru Standard Chartered bertajuk ”Wealth Expectancy 2021” yang merupakan hasil survei di 12 negara memperlihatkan bahwa pandemi mendorong orang menata ulang prioritas investasi. Di Indonesia, 96 persen dari 1.523 responden mencoba strategi investasi baru dengan model investasi jangka panjang dan berkelanjutan.

Editor:
Aris Prasetyo, Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000