logo Kompas.id
EkonomiSerapan Anggaran Masih Rendah, Realisasi Komitmen Pemda Dinantikan

Serapan Anggaran Masih Rendah, Realisasi Komitmen Pemda Dinantikan

Kerja ekstra perlu dilakukan pemerintah pusat dan daerah mengingat serapan anggaran penanganan Covid-19 di daerah secara agregat masih di bawah target. Komitmen pemda menolong masyarakat mendesak direalisasikan.

Oleh BM Lukita Grahadyarini & Dimas W Nugraha
· 1 menit baca

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah kembali meminta komitmen pemerintah daerah untuk mengakselerasi penyerapan dana perlindungan sosial demi menolong masyarakat terdampak pandemi.

Serapan anggaran untuk penanganan Covid-19 dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD 2021 terlihat mulai menunjukkan peningkatan dalam sepekan terakhir. Meski demikian, kerja ekstra tetap perlu dilakukan pemerintah pusat dan daerah mengingat serapan anggaran oleh daerah secara agregat masih di bawah 25 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mencontohkan, penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) desa  Rp 28,8 triliun untuk 8 juta kelompok penerima hingga kini serapannya masih rendah. Dari alokasi dana tersebut, realisasinya baru Rp 6,11 triliun atau 21,2 persen. Hanya 21 daerah yang telah merealisasikan anggaran di atas 50 persen.

Editor: Nur Hidayati
Bagikan
Memuat data..