logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanGuru Menghadapi Dilema
Iklan

Guru Menghadapi Dilema

Kasus Covid-19 yang cenderung meningkat membuat para guru dalam posisi dilematis. Para guru menyadari pembelajaran jarak jauh belum efektif, tetapi membuka sekolah di masa pandemi juga berisiko memicu kluster sekolah.

Oleh
Yovita Arika
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/5s9QqB42pWUOTxaEC_egGbbEDi0=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F11%2Fd60a975f-413b-4efc-8188-16a8a24307d0_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Petugas menyemprotkan desinfektan di ruang kelas di SD Negeri Kota Bambu 03/04, Jakarta Barat, Jumat (20/11/2020). Pemerintah pusat memberikan kewenangan penuh kepada pemerintah daerah untuk kembali membuka sekolah dan melakukan proses pembelajaran tatap muka pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.

Kasus Covid-19 yang cenderung meningkat membuat para guru khawatir pembelajaran tatap muka di tengah pandemi akan memicu kluster Covid-19 di sekolah. Namun, memperpanjang pembelajaran jarak jauh juga akan menimbulkan dampak negatif yang semakin besar pada siswa.

Para guru menyadari, pembelajaran jarak jauh selama sembilan bulan ini tidak efektif karena berbagai kendala, baik pada guru, siswa, maupun orangtua. Kendala teknis dan kemampuan memberikan pembelajaran jarak jauh (PJJ), misalnya, membuat banyak guru masih memberikan banyak tugas kepada siswa. Interaksi guru dan siswa yang dua arah juga terbatas.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000