logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanPerempuan Memikul Beban Terberat Saat Krisis

Perempuan Memikul Beban Terberat Saat Krisis

Sebelum pandemi Covid-19 perempuan sudah berada dalam situasi rentan. Saat pandemi Covid-19 berlangsung, perempuan semakin berada pada situasi sulit, bahkan menghadapi berbagai tantangan yang lebih berat dari laki-laki.

Oleh SONYA HELLEN SINOMBOR
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO

Anggota kelompok usaha Perempuan Bersama Bisa di Desa Gandang Barat, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah sedang memilah biji kopi pilihan usah dijemur, Senin (21/9/2020). Di tengah pandemi Covid-19. penjualan mereka menurun drastis, namun mereka menyiasatinya dengan membuat kemasan kecil.

Pandemi Covid-19 yang teberlangsung hampir delapan bulan menguji daya tahan keluarga, terutama perempuan. Krisis berkepanjangan menempatkan perempuan (ibu) dalam keluarga pada situasi sulit, karena menanggung beban fisik maupun psikis jauh lebih berat ketimbang laki-laki.

Survei UN Women  (Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kesetaraan Jender dan Pemberdayaan Perempuan) yang disampaikan dalam Laporan berjudul “Menilai Dampak Covid-19 Terhadap Gender Dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia” yang diluncurkan pada Jumat (23/10/2020) menemukan sejumlah persoalan mendera perempuan sejak pandemi Covid-19.

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..