logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanTeknologi Belajar Bantu Guru dan Siswa secara Bersamaan

Teknologi Belajar Bantu Guru dan Siswa secara Bersamaan

Perbaikan kualitas pendidikan harus dilakukan secara bersamaan dengan memperhatikan tiga aspek, yaitu guru, siswa, dan waktu.

Oleh ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Pelajar dari berbagai jenjang sekolah mengerjakan tugas dalam pembelajaran jarak jauh daring menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis di balai warga RW 005 Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Jumat (28/8/2020). Pengurus kelurahan menyediakan fasilitas akses internet melalui Wi-Fi secara gratis.

JAKARTA, KOMPAS — Perbaikan kualitas pendidikan tidak lagi bisa dilakukan dengan menunggu tersedianya guru yang cakap atau kompeten. Peningkatan kualitas pendidikan saat ini harus dilakukan bersama-sama antara guru dan siswa supaya tidak membuang waktu dengan memanfaatkan teknologi belajar yang berkembang.

Pemerhati pendidikan yang juga Guru Besar Matematika Institut Teknologi Bandung, Iwan Pranoto, dalam acara webinar berjudul ”Sekolah Online, Redefinisi karena Pandemi?” yang didukung PesonaEdu Academy, Rabu (23/9/2020), mengatakan, upaya perbaikan kualitas pendidikan sudah sering dilakukan, tetapi hasilnya jalan di tempat. Sering kali pelatihan untuk meningkatkan kecakapan guru membuat mereka terpaksa meninggalkan tugas mengajar sehingga siswa terabaikan.

Editor: Maria Susy Berindra
Bagikan
Memuat data..