logo Kompas.id
Politik & HukumPemiluLayanan Dinas Dukcapil Buka pada Hari Libur

Layanan Dinas Dukcapil Buka pada Hari Libur

&nbspJAKARTA KOMPAS Mahkamah Konstitusi memutuskan surat keterangan perekaman kartu tanda penduduk elektronik dapat digunakan sebagai syarat memilih dalam Pemilu 2019 selain KTP-el Oleh karena itu dalam upaya percepatan perekaman data penduduk Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencata

Oleh NIKOLAUS HARBOWO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Para warga binaan mengikuti rekam cetak KTP elektronik yang difasilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Jakarta, Kamis (17/1/2019). Kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya Ditjen Pemasyarakatan untuk menyukseskan Pemilu 2019 dengan memastikan para warga binaan bisa menggunakan hak pilihnya serta mengeliminasi suara yang terbuang.

JAKARTA, KOMPAS — Mahkamah Konstitusi memutuskan, surat keterangan perekaman kartu tanda penduduk elektronik dapat digunakan sebagai syarat memilih dalam Pemilu 2019, selain KTP-el. Oleh karena itu, dalam upaya percepatan perekaman data penduduk, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri menginstruksikan unit pelayanan administrasi kependudukan di daerah agar tetap membuka pelayanan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh di Jakarta, Jumat (29/3/2019), mengatakan, pihaknya telah menyurati semua gubernur, bupati, dan wali kota agar memerintahkan kepala disdukcapil kabupaten/kota untuk melakukan percepatan perekaman KTP-el bagi warga yang belum merekam datanya.

Editor: Hamzirwan Hamid
Bagikan
Memuat data..