logo Kompas.id
SastraDange
Iklan

Dange

Pria itu selalu singgah di kios kami tiga kali dalam seminggu untuk membeli kudapan dange. Padahal di sepanjang jalan poros ini ada banyak sekali kios penjual dange.

Oleh
Muhammad Zulkifli
· 10 menit baca
-
CAHYO HERYUNANTO

-

Diam-diam kuamati dia dari balik bilik. Pria itu masih duduk di sana bersama istriku, di bangku panjang depan kios, dari jam setengah tiga sampai jam setengah enam sore. Sudah tiga jam ia duduk menghadap ke jalan, menikmati pemandangan yang tidak terlalu menarik. Hanya kendaraan yang lalu-lalang sepanjang sore. Apakah ia tidak tahu bahwa kios kami mau tutup sebagaimana kios-kios lain yang sudah tutup sejak setengah jam yang lalu. Aku beri kode rahasia kepada istriku yang sejak tadi bercakap-cakap dengan pria itu agar segera mengusirnya, mengingat malam ini adalah Jumat malam. Tak lama setelah itu, pria itu berdiri, beranjak dari bangkunya. Tidak, itu bangkuku. Ini kiosku. Lalu ia masuk ke mobil Furtuner berwarna putih bersih dengan plat merah lengkap dengan sopir yang dari tadi hampir mati menunggu ditelan bosan.

Pria itu selalu singgah di kios kami tiga kali dalam seminggu - Senin, Rabu, dan Jumat – untuk membeli kudapan dange. Padahal di sepanjang jalan poros ini ada banyak sekali kios penjual dange. Namun mungkin ia sudah tergila-gila dengan cita rasa dange buatanku yang begitu legit dan harum; beraroma ketan hitam dan parutan kelapa dengan taburan gula merah yang dibakar dalam wajan tanah liat. Sungguh rasa luar biasa, apalagi ketika masih hangat-hangatnya. Beda tangan, beda rasa. Kupikir awalnya begitu. Namun lama-kelamaan, ia tak hanya membayar dange kami dengan harga semestinya. Ia membayar lebih. Jadi kupikir ia punya niat terselubung.

Editor:
MARIA SUSY BERINDRA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000