logo Kompas.id
RisetSurveiMenakar Konfigurasi Partai Politik

Menakar Konfigurasi Partai Politik

Potensi keterpilihan parpol cenderung belum beranjak dari konstelasi hasil Pemilu 2019. Melihat elektabilitas partai dan ambang batas pencalonan presiden yang tak berubah, bisa jadi konstelasi itu tak berubah banyak.

Oleh EREN MARSYUKRILLA/ LITBANG KOMPAS
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Lambang-lambang partai politik peserta pemilu ditampilkan dalam sebagian materi refleksi penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Secara garis besar, hasil survei Kompas pada Januari 2021 menunjukkan tren elektabilitas partai politik yang tak banyak berubah. Tingkat keterpilihan tertinggi masih dipegang beberapa partai politik papan atas yang unggul pada Pemilu 2019.

Sebagai partai pemenang pemilu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) masih memiliki elektabilitas tertinggi. Hasil survei terbaru menunjukkan, tingkat keterpilihan PDI-P 19,7 persen. Adapun tingkat kepercayaan survei tersebut 95 persen dan margin of error   +/- 2,83. Angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan dua survei terdahulu, yakni pada Oktober 2019 (21,8 persen) dan Agustus 2020 (23,1 persen).

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..