logo Kompas.id
Politik & HukumKPU Nilai Pemungutan Suara di ...
Iklan

KPU Nilai Pemungutan Suara di Luar Negeri Lancar, tapi Kuala Lumpur Jadi Perhatian

Sudah 16 Panitia Pemilihan Luar Negeri menyelenggarakan pemungutan suara metode tempat pemungutan suara.

Oleh
IQBAL BASYARI
· 4 menit baca
Warga menunjukkan berbagai jenis surat suara saat simulasi pemungutan suara Pemilu 2024 di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).
KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN

Warga menunjukkan berbagai jenis surat suara saat simulasi pemungutan suara Pemilu 2024 di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).

JAKARTA, KOMPAS — Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 melalui metode pos, kotak suara keliling, dan tempat pemungutan suara di sejumlah negara berjalan relatif lancar. Hanya pemungutan suara melalui metode pos di Kuala Lumpur, Malaysia, yang masih jadi perhatian seiring pencoblosan 1.972 surat suara oleh orang tak berwenang,

Adapun Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bagi 1,7 juta pemilih dilakukan lebih awal dari Tanah Air, tetapi penghitungan suara akan dilakukan pada 14 Februari 2024. Para pemilih menggunakan metode datang ke tempat pemungutan suara (TPS), kotak suara keliling, dan metode melalui pos.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Pemilih di sejumlah negara menggunakan hak pilihnya di TPS luar negeri (TPSLN) sejak Selasa (5/2/2024) hingga Rabu (14/2/2024). Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di 16 wilayah telah melaksanakan pemungutan suara melalui TPSLN pada 5-9 Februari.

”Laporan yang kami terima dari PPLN, pemungutan suara metode TPSLN berjalan lancar,” kata anggota KPU RI, Idham Holik, di Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Secara umum, kata dia, pemungutan suara di luar negeri berjalan relatif lancar. Surat suara untuk pemilih yang menggunakan metode pos sudah dikirim 2-11 Januari, sedangkan pemilih dengan metode kotak suara keliling (KSK) sudah dilakukan sejak 4 Februari. Begitu pula pelaksanaan pemungutan suara melalui metode TPSLN berjalan lancar.

Anggota KPU, Idham Holik
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Anggota KPU, Idham Holik

Dari 128 PPLN, hampir semuanya menyelenggarakan pemungutan suara metode TPSLN dalam satu hari. Hanya PPLN Antananarivo yang menggelar pemungutan suara TPSLN dua hari, yakni Madagaskar (14 Februari) dan Kepulauan Seychelles (9 Februari). Adapun satu PPLN menyelenggarakan pemungutan suara untuk satu hingga empat negara.

Data yang dihimpun KPU hingga Jumat siang, 16 PPLN telah melaksanakan pemungutan suara metode TPSLN. Rinciannya, 2 PPLN menyelenggarakan pemungutan suara TPSLN, Senin (5/2/2024), dan masing-masing satu PPLN menyelenggarakan pemungutan suara pada Selasa (6/2/2024) dan Kamis (8/2/2024). Adapun pada Jumat (9/2/2024) ada 12 PPLN yang melakukan pemungutan suara dengan metode TPSLN.

Sedangkan 69 PPLN akan menyelenggarakan pemungutan suara metode TPSLN pada Sabtu (10/2/2024) dan 36 PPLN akan menggelar pemungutan suara TPSLN pada Minggu (11/2/2024). Kemudian, satu PPLN menyelenggarakan pemungutan suara metode TPSLN pada Selasa (13/2/2024) serta 7 PPLN menggelar pemungutan suara metode TPSLN pada Rabu (14/2/2024).

Idham mengatakan, KPU meminta para pemilih agar datang sesuai waktu yang disarankan. Surat pemberitahuan yang diberikan kepada pemilih dicantumkan saran waktu pencoblosan untuk menghindari penumpukan antrean. Kehadiran para pemilih dibagi menjadi beberapa bagian selama 10 jam waktu pembukaan TPSLN.

Baca juga: Antisipasi Kerawanan pada Pemilihan Awal di Luar Negeri

Iklan
Pekerja mengangkat kotak suara berisi logistik Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (8/2/2024).
ANTARA /OKY LUKMANSYAH

Pekerja mengangkat kotak suara berisi logistik Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (8/2/2024).

Menurut dia, momentum pemungutan suara di luar negeri bukan hanya sekadar acara untuk menyalurkan hak pilih. Para pemilih biasanya menggunakan momentum untuk berkumpul dengan sesama warga negara Indonesia di negara tersebut. Mereka juga sering mengajak untuk datang bersamaan guna menyalurkan suara di TPSLN.

Oleh karena itu, pihaknya memberikan waktu saran memilih agar tidak terjadi penumpukan di TPSLN. Kedatangan pemilih dibagi dalam beberapa waktu selama 10 jam pelaksanaan pemungutan suara menggunakan metode TPSLN. Apalagi, tidak semua area TPSLN, seperti gedung Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, ataupun sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri, areanya cukup luas untuk menampung antrean.

Meskipun sebagian pemilih di luar negeri telah menyalurkan suara, lanjut Idham, penghitungan suara tidak bisa langsung dilakukan. Penghitungan suara metode TPSLN dan KSK dilakukan pada 14 Februari setelah pemungutan suara di Indonesia berakhir. Sedangkan penghitungan suara metode pos dilakukan 15 Februari hingga 22 Februari.

”Pemungutan suara melalui metode pos juga relatif lancar, bahkan sudah banyak yang mengembalikan surat suara pos yang telah dicoblos. Sementara ini hanya di Kuala Lumpur yang masih menjadi perhatian kami karena adanya surat suara yang dicoblos oleh orang yang tidak berwenang,” ucap Idham.

Tangkapan layar seseorang membuka amplop pengembalian berisi surat suara bagi pemilih dengan metode pos yang diduga terjadi di Kuala Lumpur, Malaysia.
IQBAL BASYARI

Tangkapan layar seseorang membuka amplop pengembalian berisi surat suara bagi pemilih dengan metode pos yang diduga terjadi di Kuala Lumpur, Malaysia.

Masih dalami Kuala Lumpur

Menurut dia, KPU masih mendalami peristiwa pencoblosan surat suara di Kuala Lumpur. Berdasarkan informasi dari PPLN Kuala Lumpur, ada 1.972 surat suara yang dicoblos oleh orang yang tidak berwenang. Saat ini pihaknya masih menginvestigasi kejadian tersebut.

”Kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari hasil pendalaman atau penelaahan Panwaslu Kuala Lumpur,” kata Idham.

Pemungutan suara melalui metode pos juga relatif lancar, bahkan sudah banyak yang mengembalikan surat suara pos yang telah dicoblos. Sementara ini hanya di Kuala Lumpur yang masih menjadi perhatian kami karena adanya surat suara yang dicoblos oleh orang yang tidak berwenang,

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Lolly Suhenty, mengatakan, Bawaslu sudah menemui berbagai pihak untuk mengumpulkan informasi terkait pencoblosan surat suara di Kuala Lumpur. ”Ketua Bawaslu (Rahmat Bagja) bertolak ke Malaysia untuk memimpin penelusuran kejadian itu,” tuturnya.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi Khoirunnisa Nur Agustyati mengingatkan, PPSLN harus teliti dalam melayani pemilih di luar negeri. Sebab, sebagian pemilih merupakan pemilih pindahan yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) kemungkinan tidak mendapatkan dua jenis surat suara.

Pemilih yang tidak terdaftar dan menjadi daftar pemilih khusus juga hanya bisa datang satu jam sebelum berakhirnya waktu pemungutan suara di TPSLN. ”Kadang ada perdebatan antara PPLN dengan pemilih yang masuk dalam DPTb dan DPK, bahkan kalau jawaban dari PPLN tidak memuaskan, mereka memilih tidak jadi mencoblos,” kata Ninis.

Sebelum bertolak ke Tanah Air seusai melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin sempat meninjau Sekretariat Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah di Kompleks Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah, Arab Saudi, Rabu (7/2/2024).
BPMI SETWAPRES

Sebelum bertolak ke Tanah Air seusai melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin sempat meninjau Sekretariat Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah di Kompleks Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah, Arab Saudi, Rabu (7/2/2024).

Editor:
ANTONY LEE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000