logo Kompas.id
Politik & HukumSukarelawan Ganjar-Mahfud...
Iklan

Sukarelawan Ganjar-Mahfud Terbuka bagi yang Belum Memilih

Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid menegaskan komitmen sukarelawan menambah energi memenangkan Ganjar-Mahfud.

Oleh
NORBERTUS ARYA DWIANGGA MARTIAR
· 3 menit baca
Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid.
KOMPAS/NORBERTUS ARYA DWIANGGA MARTIAR

Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid.

JAKARTA, KOMPAS — Berkumpul di kawasan Blok M, pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD dari 24 organisasi sukarelawan bersiap memeriahkan Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud yang akan berlangsung di Gelora Bung Karno, Sabtu (3/2/2024). Dalam acara itu, disuarakan pesan keterbukaan bagi masyarakat yang hingga kini belum menentukan pilihan.

Pendukung Ganjar-Mahfud mulai menyemut di Jalan Bulungan, Jakarta Selatan, sejak Jumat (2/2/2024) siang. Sebuah panggung di pasang di depan SMA 6 Jakarta. Kemudian, sekitar pukul 16.00 WIB, lagu ”Salam Metal” ciptaan Slank mulai diputar. Ratusan orang berpakaian hitam dengan pernak-pernik khas daerah tertentu kemudian berkumpul di depan panggung. Mereka menari dengan gerak tubuh yang seragam.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Pada sore hari, hujan deras mengguyur kawasan Blok M. Acara kembali dilanjutkan sekitar pukul 19.00 malam. Hadir Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid; Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa; serta Ketua Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud Daerah Provinsi DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Pada kesempatan itu, Arsjad mengatakan, komiten para sukarelawan yang ditunjukkan dalam acara tersebut telah menambah energi untuk memenangkan Ganjar-Mahfud. Acara tersebut juga menunjukkan bahwa upaya itu harus dilakukan secara bersama-sama.

Andika menambahkan, acara tersebut juga bersifat terbuka bagi semua pihak, tidak hanya bagi pendukung Ganjar-Mahfud. Oleh karena itu, pendukung Ganjar-Mahfud yang tergabung sebagai sukarelawan juga bersikap terbuka bagi semua pihak, termasuk mereka yang belum menentukan pilihan.

”Ini adalah acara untuk kita semua dan kita ingin menunjukkan bahwa kita semua terbuka, Mas Ganjar dan Pak Mahfud terbuka, merangkul semua yang akan bergabung di 14 Februari nanti,” kata Andika.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa.
KOMPAS/NORBERTUS ARYA DWIANGGA MARTIAR

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa.

Iklan

Pada kesempatan itu, Prasetyo mengatakan, acara tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kekuatan di antara kelompok pendukung Ganjar-Mahfud. Acara tersebut sekaligus untuk menyongsong Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud yang akan diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Sabtu.

”Dan jangan lupa, tinggal 12 hari lagi (Pemilu 2024). Jaga kesehatan, jaga kekuatan, semuanya harus dijaga,” kata Prasetyo.

Baca juga: ”Salam Metal” dari Slank Bakal Meriahkan Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud di GBK

Dalam orasinya, Prasetyo mengingatkan, selama ini pemimpin nasional selalu diisi oleh tokoh-tokoh besar di zamannya. Oleh karena itu, Prasetyo mengajak agar pemimpin yang dipilih benar-benar seperti itu. ”Kita pilih itu jangan coba-coba. Bangsa ini, sekali lagi, tidak boleh main-main. Bangsa besar harus punya kekuatan besar, tidak boleh diintervensi oleh apa pun,” ujarnya.

Oleh karena itu, Prasetyo meminta untuk memastikan kemenangan yang disebutnya sudah di depan mata. Bahkan, kata Prasetyo, bukan tidak mungkin kemenangan Ganjar-Mahfud terjadi dalam satu putaran.

Salah satu yang mendukung acara tersebut adalah kelompok sukarelawan bernama Progresif. Menurut Sekretaris Progresif Andrian Cader, pihaknya berkumpul di Blok M sebagai pemanasan sebelum besok menyampaikan dukungan dalam acara Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud di Gelora Bung Karno. Pihaknya bersama dengan kelompok ”Penguin” akan berkolaborasi untuk melakukan kampanye hijau berupa membersihkan sampah di GBK seusai acara.

”Besok, di GBK, pasukan Penguin akan menjadi pasukan pemungut sampah di mana setiap acara besar atau konser biasanya meninggalkan sampah. Kita mau berniat baik secara kolektif dan kolaboratif,” kata Andrian.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, lagu ”Salam Metal” yang diciptakan Slank merupakan lagu yang ceria dan menunjukkan sisi kerakyatan dan kepemimpinan Ganjar dan Mahfud MD. Pembuatan lagu tersebut didukung oleh banyak tokoh dan seniman.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto saat tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, untuk menghadiri Debat Calon Presiden Pemilihan Presiden 2024, Selasa (12/12/2023).
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto saat tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, untuk menghadiri Debat Calon Presiden Pemilihan Presiden 2024, Selasa (12/12/2023).

”Kami justru meyakini bahwa pemimpin yang memperjuangkan kepentingan rakyat seperti Pak Ganjar, seperti Prof Mahfud yang memperjuangkan keadilan justru akan mendapatkan dukungan yang masif untuk bisa menang satu putaran. Mengapa? Karena data kami menunjukkan sentimen positif yang ditujukan kepada Pak Ganjar dan Pak Mahfud,” kata Hasto.

Menurut Hasto, data internal PDI-P menunjukkan sentimen positif terhadap Ganjar mencapai 72 persen di seluruh platform media sosial. Adapun sentimen positif secara akumulatif terhadap pasangan Ganjar-Mahfud diklaim sudah mencapai 48 persen.

Editor:
ANTONY LEE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000