logo Kompas.id
Politik & HukumPrabowo ke Makassar Disertai...
Iklan

Prabowo ke Makassar Disertai Dua Menteri

Calon Presiden Prabowo Subianto menghadiri silaturahmi relawan se-Sulawesi Selatan di Kota Makassar.

Oleh
KURNIA YUNITA RAHAYU
· 4 menit baca
Suasana saat calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menghadiri acara Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran se-Sulawesi Selatan di Gelanggang Olahraga Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/2/2024).
KOMPAS/KURNIA YUNITA RAHAYU

Suasana saat calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menghadiri acara Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran se-Sulawesi Selatan di Gelanggang Olahraga Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/2/2024).

MAKASSAR, KOMPAS — Delapan hari sebelum masa kampanye Pemilu 2024 berakhir, calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menemui para pendukungnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/2/2024). Prabowo menghadiri Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran se-Sulawesi Selatan di Gelanggang Olahraga Sudiang.

Prabowo didampingi sejumlah tokoh anggota Koalisi Indonesia Maju. Tokoh-tokoh yang masih menjabat sebagai menteri dalam Kabinet Indonesia Maju memastikan sudah mengambil cuti untuk mengikuti kampanye.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Acara yang diramaikan oleh penyanyi Marion Jola dan grup musik Wali itu juga dihadiri jajaran pengurus Partai Golkar, mulai dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Erwin Aksa dan Ahmad Doli Kurnia, hingga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golkar Kalimantan Barat Maman Abdurrahman.

Turut hadir menemui para pendukung Prabowo-Gibran, politisi senior Golkar yang juga tokoh Makassar, Erwin Aksa Mahmud; Menteri Pertanian Amran Sulaiman; dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Perkasa Roeslani.

Di hadapan para pendukungnya, Prabowo membuka pidato dengan berterima kasih kepada Amran Sulaiman sebagai penyelenggara acara. Ia juga menyebut jabatan Amran yang kini masih menjadi Menteri Pertanian di Kabinet Indonesia Maju. ”Yang saya hormati, Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian yang pernah membawa Indonesia menjadi swasembada pangan,” ujarnya.

Ungkapan serupa ia sampaikan kepada Airlangga. Sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, kata Prabowo, Airlangga telah membantu Presiden Joko Widodo mengendalikan ekonomi serta membawa Indonesia ke tingkat inflasi yang terendah sepanjang sejarah Indonesia. Airlangga juga disebut sukses mengatasi krisis yang terjadi akibat pandemi Covid-19 dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia saat ini.

Baca juga: Diisukan Sakit, Prabowo Berjoget di Kampanye Akbar di Malang

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, saat menghadiri acara Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran se-Sulawesi Selatan di Gelanggang Olahraga Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/2/2024).
KOMPAS/KURNIA YUNITA RAHAYU

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, saat menghadiri acara Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran se-Sulawesi Selatan di Gelanggang Olahraga Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/2/2024).

Seperti halnya Amran dan Airlangga, Prabowo kini juga masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Berdasarkan informasi yang didapatkan Kompas, Prabowo tengah mengambil cuti. Sebelum berkampanye di Makassar, ia juga menghadiri rapat umum Partai Demokrat di Stadion Gajayana, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (1/2/2024).

Ditemui seusai acara, Airlangga menegaskan bahwa dirinya tengah cuti dari tugas sebagai Menko Perekonomian. Ia tidak mempermasalahkan jika Prabowo menyebut dirinya dan Amran sebagai menteri dalam pidato yang disampaikan dalam acara kampanye. Sebab, meski tengah dalam masa cuti, jabatan tersebut tetap melekat pada dirinya.

Airlangga tidak khawatir jika aktivitasnya disebut sebagai salah satu bentuk ketidaknetralan penyelenggara negara dalam Pemilu 2024. Begitu juga sapaan Prabowo kepada dirinya sebagai menteri.

Iklan

”Tidak, kan, jabatan itu melekat, ya. Jelas hari ini saya cuti. Apresiasi mengenai capaian-capaian yang sudah dicapai pemerintah, seperti pertumbuhan ekonomi bagus, inflasi bagus, itu, kan, bahan yang sudah ada di publik dan sudah diketahui publik juga,” ujarnya.

Airlangga tidak menjawab apakah dirinya dan para menteri anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) lainnya akan mengundurkan diri. Namun, ia kembali menegaskan bahwa dirinya telah mengambil cuti ketika akan berkampanye. ”Kan, sudah cuti,” katanya.

Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto.
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Sepanjang acara berlangsung, Airlangga mengajak masyarakat untuk mencoblos Prabowo-Gibran pada hari pemungutan suara. Ia menjelaskan, publik harus memilih pasangan itu karena mereka akan meneruskan program pemerintah saat ini di bidang kesejahteraan. Mulai dari kartu sembako (sembilan bahan pokok), bantuan pangan 10 kilogram, bantuan langsung tunai Rp 200.000 per bulan, Kartu Indonesia Pintar, hingga Program Keluarga Harapan.

”Lanjutkan? Yang bisa melanjutkan pemerintah hanya Prabowo Subianto. Lanjutkan?” ujar Airlangga.

Ajakan serupa disampaikan Amran. Bahkan, ia meyakini bahwa Prabowo-Gibran bisa menang Pilpres 2024 dalam satu putaran, salah satu faktornya karena dukungan dari warga Sulawesi Selatan. Sebagaimana diketahui pada Pilpres 2019, Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno merupakan pasangan calon yang mendapatkan suara terbanyak di Sulawesi Selatan.

Negara demokrasi

Kampanye Prabowo-Gibran yang didampingi dua menteri berlangsung di tengah protes para akademisi dari sejumlah kampus yang menilai adanya kemunduran demokrasi Indonesia. Hal itu dilihat dari indikasi penyelenggaraan pemilu yang tidak jujur dan adil.

Penyelenggara negara dinilai tidak netral karena keterlibatannya pada Pilpres 2024, baik sebagai peserta maupun bagian dari tim pengusung. Para akademisi di antaranya dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia, serta Universitas Indonesia juga meminta para menteri yang terlibat kegiatan Pilpres 2024 untuk mengundurkan diri.

Pada Kamis (1/2/2024), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo. Ia yang kini menjadi cawapres nomor urut 3, pasangan dari capres Ganjar Pranowo, mengundurkan diri dengan alasan untuk mewujudkan pemilu yang adil, menghindari penyalahgunaan kekuasaan karena masih menjadi bagian dari pemerintah. Mahfud juga menegaskan, hal itu merupakan keputusan pribadi dan ia tidak ingin memengaruhi pilihan menteri lainnya.

Suasana saat presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menghadiri acara Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran se-Sulawesi Selatan di Gelanggang Olahraga Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/2/2024).
KOMPAS/KURNIA YUNITA RAHAYU

Suasana saat presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menghadiri acara Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran se-Sulawesi Selatan di Gelanggang Olahraga Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/2/2024).

Menanggapi rentetan peristiwa itu, Airlangga mengatakan, dirinya juga merupakan bagian dari UGM. Namun, beberapa orang mengemukakan Petisi Bulaksumur disebut tidak mewakili semua keluarga besar UGM. Dalam negara demokrasi, perbedaan pandangan politik merupakan hal biasa.

Menurut Airlangga, Indonesia mendapatkan apresiasi sebagai negara demokrasi karena bisa memberikan kepastian penyelenggaraan pemilu. Pemilu lima tahunan tidak pernah absen dilakukan. ”Pemilu lima tahunan itu membuat Indonesia menjadi negara demokrasi paling tertib di ASEAN,” ujarnya.

Sementara itu, Prabowo tidak menjawab saat ditanyakan soal keprihatinan dari sejumlah kampus akan situasi demokrasi Indonesia. Ia juga tidak menjawab apakah dirinya akan mengikuti langkah Mahfud untuk mundur dari posisinya.

Seusai menghadiri acara Trimegah Political and Economic Outlook 2024 bertajuk ”The Urgency to Ignite Growth” di Jakarta, Rabu (31/1/2024), Prabowo juga tak berkomentar banyak saat ditanyakan hal serupa. ”Itu hak politik,” kata Prabowo mengenai keputusan Mahfud.

Editor:
SUHARTONO, ANTONY LEE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000