logo Kompas.id
Politik & HukumGibran Janjikan Upah Layak dan...
Iklan

Gibran Janjikan Upah Layak dan Jaminan Pendidikan Anak Pekerja

Cawapres Gibran menjanjikan upah layak, keselamatan kerja bagi pekerja perempuan, dan pendidikan anak pekerja.

Oleh
RUNIK SRI ASTUTI
· 3 menit baca
Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri hari ulang tahun Serikat Pekerja Seluruh Indonesia di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/1/2024).
KOMPAS/RUNIK SRI ASTUTI

Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri hari ulang tahun Serikat Pekerja Seluruh Indonesia di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/1/2024).

SIDOARJO, KOMPAS — Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka berjanji akan memberikan upah yang layak kepada pekerja. Selain itu, juga menjamin keselamatan kerja terutama bagi pekerja perempuan serta menjanjikan akses pendidikan hingga sarjana strata satu (S-1) bagi anak pekerja.

Pernyataan tersebut disampaikan cawapres nomor urut 2 itu saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-51 Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan HUT Ke-8 Gerakan Aliansi Serikat Pekerja (Gesper) Jawa Timur di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/1/2024).

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Acara tersebut juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, dan Ketua SPSI Jatim Ahmad Fauzi. Tokoh masyarakat yang hadir antara lain KH Ali Agus Masyuri atau Gus Ali, Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo.

Gibran mengatakan, kehadirannya di Sidoarjo karena perintah langsung dari calon presiden Prabowo Subianto. Wali Kota Surakarta tersebut sebenarnya dijadwalkan menghadiri sebuah acara yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Prabowo-Gibran Berkampanye di Hadapan Pendukung Muda di JCC

”Bapak ibu yang saya hormati, siang ini sebenarnya jadwal saya di Semarang. Akan tetapi, kemarin malam ada perintah dari Pak Prabowo untuk mewakili ke acara HUT SPSI di Sidoarjo. Salam dari Pak Prabowo, semoga bapak ibu sehat semua,” ujar Gibran yang disambut tepuk tangan ribuan pekerja.

Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat memghadiri HUT Serikat Pekerja Seluruh Indonesia di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/1/2024).
KOMPAS/RUNIK SRI ASTUTI

Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat memghadiri HUT Serikat Pekerja Seluruh Indonesia di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/1/2024).

Gibran berterima kasih kepada para pekerja yang rela menunggu sejak pagi dan terpapar panasnya sinar matahari di Stadion GOR Sidoarjo. Oleh karena itu, dia tidak berlama-lama dalam memberikan sambutan, tetapi langsung fokus pada program kerja yang diusung oleh pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menurut putra Presiden Joko Widodo tersebut, terdapat beberapa program kerja pasangan calon Prabowo-Gibran yang berkaitan langsung dengan pekerja. Pertama, masalah peningkatan kesejahteraan pekerja dengan mewujudkan upah yang layak. Selain itu, masalah keselamatan kerja terutama untuk kaum perempuan dan pendidikan bagi anak-anak pekerja agar mereka bisa mencapai jenjang S-1.

”Jadi sekali lagi masalah upah, masalah pesangon, masalah keselamatan kerja, masalah pendidikan anak, nanti akan kami berikan atensi khusus,” kata Gibran.

Iklan

Gibran menambahkan, pihaknya ingin buruh atau pekerja di Indonesia lebih maju di tengah masifnya pembangunan dan industrialisasi. Oleh karena itu, dia berjanji, apabila terpilih nanti, akan memprioritaskan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan program beasiswa untuk anak-anak pekerja.

Baca juga: Temui Sukarelawan Pengusaha Muda, Gibran Dorong Anak Muda Berwirausaha

Selain itu, Prabowo-Gibran akan melanjutkan program Kartu Indonesia Sehat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Program Keluarga Harapan, dan program sosial lainnya. Program tersebut akan dilihat kembali, terutama diperbarui data penerimanya, agar lebih tepat sasaran. Dengan demikian, tidak ada lagi yang merasa tersisihkan atau tidak pernah dapat bantuan.

Kami minta agar pembangunan jalan tol dilanjutkan hingga Banyuwangi agar mobilitas masyarakat lebih lancar.

Pada pengujung pidato, Gibran mengajak para pekerja saling menghormati dalam merayakan pesta demokrasi. Dia tidak mempermasalahkan perbedaan pilihan politik pekerja, asalkan mereka hidup rukun dan dalam kondisi sehat.

Khofifah mengatakan, pekerja memiliki peran signifikan dalam membangun perekonomian Jatim. Oleh karena itu, pihaknya ingin para pekerja dan serikat pekerja terus maju dan bersatu membangun negeri. Memberikan semangatnya demi menjaga keberlangsungan siklus ekonomi.

Mantan Menteri Sosial ini mengajak para pekerja membangun hubungan yang harmonis dan produktif antarpekerja ataupun dengan pengusaha dan pemerintah daerah serta pemerintah pusat. Hal itu penting agar stabilitas ekonomi dan keamanan senantiasa terjaga sehingga investasi bisa ditingkatkan secara signifikan.

”Hubungan harmonis produktif ini harus terus kita jaga bersama sehingga iklim investasi di Jatim terus meningkat dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan buruh serta masyarakat,” ucap Khofifah.

Sementara itu, Ahmad Fauzi mengatakan, acara HUT SPSI dan Gesper di Sidoarjo dihadiri pekerja dari seluruh Jatim, termasuk dari Kabupaten Banyuwangi yang berada di ujung timur dan Kabupaten Pacitan yang berada di ujung barat ”Bumi Majapahit”.

https://cdn-assetd.kompas.id/vXlOeuPtHF7X3ZH9wdyYxiayweM=/1024x771/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F05%2F23%2F7c2cb08a-b157-49d3-baad-ea74b70eaf4e_png.png

Infografik Rata-rata Upah Buruh

Adapun terkait dengan program pembangunan yang diusung pasangan Prabowo-Gibran, Fauzi meminta agar selain meningkatkan kesejahteraan pekerja juga melanjutkan pembangunan infrastruktur. Salah satu program infrastruktur di Jatim yang dampaknya dirasakan masyarakat ialah pembangunan Jalan Tol Surabaya-Banyuwangi yang saat ini pembangunannya sampai di Kabupaten Probolinggo.

”Kami minta agar pembangunan jalan tol dilanjutkan hingga Banyuwangi agar mobilitas masyarakat lebih lancar,” kata Fauzi.

Baca juga: Kepada Siapa Suara Kaum Buruh Tertambat

Editor:
MARIA SUSY BERINDRA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000