logo Kompas.id
Politik & HukumAnies Baswedan Mengajak Warga ...
Iklan

Anies Baswedan Mengajak Warga Cilacap Semangat Berjuang untuk Perubahan

Ribuan pendukung Anies-Muhaimin menghadiri kampanye terbuka capres Anies Baswedan di Cilacap, Jawa Tengah.

Oleh
WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO
· 2 menit baca
Suasana kampanye terbuka atau rapat umum calon presiden Anies Baswedan di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2024).
KOMPAS/WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO

Suasana kampanye terbuka atau rapat umum calon presiden Anies Baswedan di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2024).

”Dahsyat ini. Kalau sudah kumpul begini, rasanya-rasanya, 14 Februari akan jadi hari perubahan Indonesia,” kata Anies dalam kampanye terbuka di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu sore.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Baca juga: Anies Baswedan: Indonesia Jangan Sampai Jadi Negara Kekuasaan

Anies datang sekitar pukul 15.30 WIB dan langsung disambut lautan manusia. Para penggemarnya dari Banyumas, Cilacap, dan sekitarnya merangsek mendekati Anies untuk bersalaman ataupun berfoto. Butuh waktu beberapa menit untuk Anies bisa naik ke atas panggung. ”Memang, kita bisa membayar orang untuk memenuhi lapangan, tetapi kita tidak bisa membayar orang untuk bersemangat seperti yang ada di sini. Semangat itu tidak diperjualbelikan,” katanya.

Capres Anies Baswedan berswafoto bersama pendukungnya di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2024).
KOMPAS/WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO

Capres Anies Baswedan berswafoto bersama pendukungnya di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2024).

Anies mengatakan, orang-orang yang hadir ke lapangan itu adalah orang yang bersemangat berjuang untuk perubahan. Anies menyebutkan, saat ini orang susah mencari kerja, beras mahal, pupuk untuk petani susah didapatkan. ”Ibu-ibu, beras murah atau mahal? Mahal atau mahal sekali? Sekolah murah atau mahal? Cari kerja susah atau gampang? Bagaimana kalau kita teruskan? Yuk, kita lanjutkan saja, beras mahal kita lanjutkan setuju? Cari pekerjaan susah kita lanjutkan setuju? Pendidikan mahal kita lanjutkan setuju? Jadi, perlunya apa?” kata Anies. Pertanyaan Anies dijawab mantap para pendukungnya: ”Perubahan!”

Iklan

Anies mendorong pendukungnya untuk merekam proses kampanye tersebut dengan gawai dan lalu disebarluaskan ke jagat maya atau media sosial. Kepada mereka, Anies juga meminta mereka untuk mengajak tetangga di sekitar rumahnya untuk ikut memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies dan Muhaimin, pada 14 Februari mendatang.

Baca juga: Anies Baswedan: Jadilah Pemilih Rasional

Anies juga sempat berdialog dengan sejumlah pendukungnya, seperti ibu rumah tangga, petani, serta nelayan. Mereka mengadu kepada Anies bahwa pupuk untuk pertanian sulit didapatkan serta solar subsidi bagi nelayan pun demikian.

Petugas menggotong salah satu pengunjung yang pingsan dalam kampanye terbuka calon presiden Anies Baswedan di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2024).
KOMPAS/WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO

Petugas menggotong salah satu pengunjung yang pingsan dalam kampanye terbuka calon presiden Anies Baswedan di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2024).

Anies menyebutkan, untuk bisa mengatasi beragam masalah yang ada saat ini, diperlukan perubahan dan perubahan itu bisa dilakukan asalkan ada wewenang. Anies memberi contoh saat dirinya menjabat sebagai gubernur dan bisa menutup salah satu tempat hiburan malam di Jakarta dengan selembar kertas plus tanda tangannya.

”Jadi, kita sama-sama menyiapkan perubahan. Bapak Ibu sekalian, kalau mau melakukan perubahan: bisa tidak perubahan tanpa wewenang? Perlunya apa? Wewenang,” kata Anies.

Calon anggota DPR RI dari Nasdem, Sugeng Suparwoto, di atas panggung juga mengajak masyarakat yang datang untuk sama-sama berjuang memenangkan Anies-Muhaimin pada pemilu mendatang. ”Kita semua bermunajat untuk memenangkan Anies R Baswedan-Muhaimin Iskandar. Mengapa demikian Bapak Ibu sekalian? Indonesia harus diselamatkan. Kita semua bertekad, sekali lagi terima kasih matur nuwun panjenengan (Anda sekalian) dengan tekad bulat dari kampung, sudut-sudut di Cilacap ini, dari Banyumas dan sekitarnya hadir di lapangan ini tidak lain dan tidak bukan untuk membulatkan tekad memenangkan Amin alias Anies R Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk Presiden Republik Indonesia 2024-2029!” kata Sugeng.

Hilda (36), salah satu pendukung Anies-Muhaimin, mengatakan, dirinya bertekad memilih pasangan ini karena Indonesia sedang dalam keadaan krisis. ”Indonesia sedang berada dalam keadaan krisis segala-galanya, krisis etik dan krisis ekonomi, krisis kejujuran, krisis hukum, segala aspek,” kata Hilda.

Kampanye berlangsung dengan lancar dan tertib hingga berakhir sekitar pukul 17.00 WIB. Setelahnya, hujan lebat langsung mengguyur lapangan tersebut.

Editor:
MARIA SUSY BERINDRA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000