logo Kompas.id
Politik & HukumLain Partai Politik, Lain Pula...
Iklan

Lain Partai Politik, Lain Pula Strategi Twitnya

Bagaimana partai politik peserta Pemilu 2024 memanfaatkan Twitter dalam tahapan pemilu? Kapan mereka mencuit? Apa saja yang dicuit oleh partai politik itu? Berikut analisisnya.

Oleh
ANTONY LEE
· 7 menit baca
Para perwakilan pimpinan partai politik dan pimpinan KPU dalam acara Pengundian dan Penetapan Nomor Partai Politik Peserta Pemilihan Umu 2024 di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (14/12/2022).
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Para perwakilan pimpinan partai politik dan pimpinan KPU dalam acara Pengundian dan Penetapan Nomor Partai Politik Peserta Pemilihan Umu 2024 di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (14/12/2022).

  • Analisis terhadap akun Twitter parpol peserta Pemilu 2024 menunjukkan, parpol lebih dominan mencuit di hari kerja, serta dengan jumlah karakter rata-rata cenderung di atas 100 karakter per cuitan.
  • Dari sisi konten cuitan, delapan parpol terlihat cukup intensif mencuit soal ketua umumnya.
  • Sejumlah isu strategis seperti korupsi, Ibu Kota Negara, ekonomi, dan pendidikan juga bisa ditemukan dalam cuitan parpol-parpol peserta Pemilu 2024.

Media sosial, termasuk Twitter, menjadi salah satu alat strategis bagi partai politik untuk berinteraksi dengan konstituennya. Cara partai politik menyampaikan pesan melalui Twitter sejak dimulainya tahapan Pemilu 2024 cukup beragam. Lantas, seperti apa kebiasaan 18 partai politik peserta Pemilu 2024 dalam berkicau? Apa saja isi cuitan mereka, dan bisakah hal itu memberi dampak elektoral?

Editor:
ANITA YOSSIHARA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000