logo Kompas.id
Politik & HukumMerintis Perlindungan...
Iklan

Merintis Perlindungan Masyarakat di Tengah Akselerasi Penggunaan AI

Sudah 60 negara mengeluarkan kebijakan terkait kecerdasan artifisial dengan varian beragam. Indonesia sudah memiliki Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial 2020-2045 yang perlu diturunkan menjadi aturan pelaksana.

Oleh
SUSANA RITA KUMALASANTI, DIAN DEWI PURNAMASARI
· 5 menit baca
Pemanfaatan aplikasi berbasis kecerdasan buatan (<i>artificial intelligence</i>/AI), ChatGPT, di sebuah kantor di Jakarta, Selasa (7/3/2023). ChatGPT adalah <i>chatbot </i>AI berupa model bahasa generatif yang menggunakan teknologi transformer untuk memprediksi probabilitas kalimat atau kata berikutnya dalam suatu percakapan ataupun perintah teks.
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN (HAS)

Pemanfaatan aplikasi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), ChatGPT, di sebuah kantor di Jakarta, Selasa (7/3/2023). ChatGPT adalah chatbot AI berupa model bahasa generatif yang menggunakan teknologi transformer untuk memprediksi probabilitas kalimat atau kata berikutnya dalam suatu percakapan ataupun perintah teks.

Perkembangan teknologi kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) merebak dalam beberapa tahun terakhir. ChatGPT yang diluncurkan OpenAI telah mengagetkan sejumlah kalangan. Perkembangannya diprediksi masih akan terus bergerak pesat.

Penggunaan AI sebenarnya sudah dilakukan dalam kehidupan keseharian warga, misalnya penggunaan teknologi pengenalan wajah. Di Indonesia, kasus kesalahan pengenalan wajah terjadi pada Abdul Manaf yang ditetapkan sebagai tersangka pengeroyokan aktivis politik Ade Armando pada unjuk rasa 11 April 2022. Padahal, pada saat kejadian, yang bersangkutan tidak ada di tempat kejadian. Pada akhirnya, pemanfaatan teknologi itu perlu dibarengi verifikasi.

Editor:
ANTONY LEE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000